Tips Mengontrol Asupan Gula Pada Anak

Ani Rufaidah

sumber : youtube.com

Permen, gulali, coklat dan es krim adalah sederetan makanan manis yang banyak disukai anak-anak. Siapa sih yang tidak suka dengan makanan dan minuman yang manis? Kita sebagai orang dewasa saja suka, terlebih dengan anak anak. Namun moms, perlu diketahui segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk dalam mengonsumsi gula.

Mungkin banyak dari moms dan orang tua lainnya yang tidak sadar akan hal tersebut dan lupa untuk mengontrol asupan gula pada anak.

Dikutip dari detikhealth, dr. Ervina Hasti (Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals), menyatakan bahwa dampak langsung yang dirasakan dari kecanduan gula atau sugar addiction ialah menyebabkan lonjakan gula darah dan cepat merasa lapar.

Jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama kebanyakan mengonsumsi gula dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, kerusakan gigi seperti karies gigi yang banyak dialami anak-anak, bahkan penyakit  jantung.

Nah, untuk menghindari risiko buruk yang terjadi, moms bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengontrol dan mengurangi konsumsi gula pada anak. Berikut ini penjelasannya.

Buat kesepakatan perjanjian dengan anak

sumber : Mommys daily.com

Jika moms merasa si kecil sering dan menyukai makanan manis yang mengandung banyak gula. Mulai dari sekarang moms bisa membuat kesepakatan misalnya makan es krim atau permen dan jajanan manis lainnya yang mengandung banyak gula cukup seminggu sekali.

Atau moms bisa mencampur makanan manis tersebut dengan makanan sehat lainnya, sehingga porsinya bisa dikurangi.

Seperti misalnya membuat jus buah dengan beberapa butir coklat dsb. Atau jika anak meminta jajan makanan manis seperti es krim, tempatkan pada wadah yang kecil ya moms.

Baca Juga :  Pentingnya Hubungan Ibu dan Anak

Meskipun terkadang si kecil marah dan ngambek, tapi moms bisa mencoba dengan memberi pemahaman kepada mereka, bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula itu tidak baik untuk kesehatannya. Agar ketika dewasa mereka juga lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanak

Perhatikan dengan teliti dan Jangan sampai tertipu dengan keterangan pada kemasan ya moms

Terkadang gula bisa saja terdapat pada makanan yang dianggap sehat seperti sereal dengan label gandum utuh pada kemasannya, sereal tersebut pastinya manis dan mengandung gula.

Selain itu, juga banyak beberapa makanan dalam kemasan yang mengandung istilah pemanis alami seperti sari buah yang menurut beberapa keterangan para pakar sama saja dengan gula olahan. Moms, juga perlu menghindari minuman bersoda manis untuk si kecil. Jadi mulai dari sekarang perhatikan betul asupan makanan pada anak ya moms

Hindari makanan olahan yang banyak mengandung pemanis buatan

Jika anak moms sering mengonsumsi makanan kaleng seperti buah kaleng, mulai dari sekarang coba ganti dengan buah segar yang dipotong kecil atau jus buah yang disukai anak ya moms. Karena pada umumnya makanan kaleng banyak mengandung gula dan pemanis buatan.

Semakin moms mengontrol asupan makanan untuk si kecil, semakin terjaga pula kesehatan anak. Pastikan makanan yang dikonsumsi anak baik untuk kesehatannya ya moms.

Itu dia beberapa tips yang bisa moms coba terapkan dirumah untuk mengontrol asupan makanan pada anak terutama gula. Jika anak sehat, moms juga pasti tenang dan senang.

Pastikan selalu kebutuhan gizi dan vitamin anak terpenuhi ya moms. Meskipun tidak mudah, karena mungkin ada beberapa penolakan dari anak. Tetap semangat dan semoga selalu sehat moms. Selamat mencoba

Baca Juga :  3 Penyebab Karies Gigi Pada Anak

Artikel Terkait

Bagikan: