Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh

Ani Rufaidah

petai – foto by : healthdetik.com

Petai atau biasa disebut pete adalah salah satu buah khas Indonesia yang memiliki bau yang sangat khas. Mungkin sebagian orang tidak suka ya dengan si petai ini, terutama karen baunya.

Bau yang ada pada petai ini berasal dari kandungan asam amino yang terdapat pada biji petai yang mengandung sulfur. Petai atau Parkia Speciosa dengan biji bulat seperti buah almond ini juga memiliki rasa yang khas, sebagian orang mugkin ada yang menyukai si petai ini untuk menemani makan

Petai biasanya menjadi pelengkap untuk makan nasi goreng, sambal goreng namun ada juga orang yang mengonsumsi si petai ini dengan cara dibakar, direbus atau diacar.

Di Amerika sendiri, petai menjadi salah satu jenis makanan dengan bau yang paling buruk. wah, siapa yang tidak tahan baunya.

Namun, tahukah kamu dibalik penampilan dan baunya yang kurang menyenangkan ini, ternyata petai memiliki segudang manfaat bagi tubuh, berikut ini penjelasannya :

Mencegah kanker dan diabetes

Didalam petai terdapat kandungan zat flavonoid yang memiliki fungsi sebagai zat antioksodan alami yang membantu tubuh melawan radikal bebas.

Menurut beberapa penelitian petai memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dibandingkan tumbuhan lainnya. wah bagus sekali ya kandungan petai ini.

Petai juga mengandung beta sitoserol yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga baik untuk dikomsumsi oleh penderita diabetes.

Mengurangi kolesterol dan penyakit jantung.

petai bakar – foto by : cookpad.com

Zat antioksidan yang terdapat pada petai dipercaya mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Ketika si petai ini mampu mengurangi kolesterol berarti petai juga memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit jantung dan penyakit berbahaya lainnya seperti stroke.  Tapi ingat jangan berlebihan dalam mengonsumsinya ya.

Baca Juga :  Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Mengurangi tingkat stres

Kandungan kalium yang terdapat pada petai dipercaya mampu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Kalium adalah mineral penting yang dapat menyeimbangkan cairan tubuh, menormalkan detak jantung dan mengirimkan oksigen ke otak. ketika otak dapat tersupply oksigen dengan baik, maka kita tidak akan mudah stres.

Tapi tetap ya penyebab utama stres ini berasal dari pikiran negatif, jadi tetap kondisikan pikiran dan perasaanmu ya agar tidak mudah stres. Karena ketika kita stres penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh kita.

Menstabilkan Emosi

dilansir dari manfaat.co.id Petai dapat membantu meningkatkan mood alami seseorang. Petai mengandung yaitu triptofan salah satu jenis asam amino alami untuk pertumbuhan tubuh.

Efek triptophan ini secara biologis berperan sebagai zat yang dapat membentuk serotonin yang dipercaya dapat membuat seseorang lebih rileks. Itulah kenapa pada pembahasan sebelumnya petai dapat mengurangi tingkat stress kita, karena ada zat serotonin yang dapat menstabilkan emosi jiwa.

Itu dia beberapa manfaat petai yang belum banyak diketahui orang meskipun baunya menyengat, tapi petai memiliki segudang manfaat, bahkan dapat mengobati dan mencegah penyakit berbahaya seperti kolesterol, jantung diabetes hingga kanker.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga ya ketika kamu mengonsumsi petai jangan berlebihan  petai ini juga kurang cocok untuk diberikan kepada anak anak, karena zat dalam petai sulit menguraikan protein dalam tubuh.

Setiap makhluk yang diciptakan oleh sang kuasa baik itu manusia, tumbuhan atau bahkan hewan pasti mempunyai manfaat nya masing masing, termasuk si petai yang memiliki bau ini. Semoga bermanfaat ya. Terima kasih

Artikel Terkait

Bagikan: