Manfaat Daun Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Ani Rufaidah

Daun Jeruk Nipis

foto by : manfaat.co.id

Jeruk nipis adalah salah satu tanaman yang memiliki aroma khas aroma essensial. Jeruk nipis juga merupakan tanaman yang kaya dengan kandungan nutrisi dan vitamin C untuk tubuh.

Tak kalah dari buahnya, aroma dari daun jeruk nipis juga sangat khas, dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap pada makanan dan dapat menambah aroma masakan menjadi lebih kuat, aroma khas tersebut yaitu aroma citrus dan sitronela.

baca juga : manfaat jeruk lemon

Selain dapat membuat harum masakan, daun jeruk nipis juga ternyata banyak mengandung senyawa aktif yang memiliki manfaat untuk tubuh, bahkan dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Berikut ini manfaat dari daun jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui :

Mengobati Luka

foto by : grid. id

Daun Jeruk nipis dipercaya mengandung zat antibakteri yang dapat membunuh bakteri yang terdapat pada luka dan mempercepat pertumbuhan jaringan kulit baru.

Cara menggunakan daun jeruk nipis sebagai pengobat luka cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa helai daun kemudian cuci hingga bersih dan tumbuk halus. setelah itu tempelkan pada bagian luka dipercaya luka akan cepat mengering.

Meringankan pernapasan

Gangguan pada saluran pernapasan biasanya disebabkan oleh alergi atau reaksi terhadap suatu zat yang masuk kedalam sistem pernapasan.

daun jeruk nipis memiliki aroma essensial yang sejak dulu dipercaya sangat efektif meringankan gejala sesak napas. untuk menggunakan daun jeruk nipis ini sebagai bahan untuk mengatasi gangguan pernapasan cukup mudah.

Pertama, kamu hanya perlu menambahkan ekstrak daun jeruk nipis yang sudah direbus kedalam air hangat, kemudian tambahkan sedikit madu, sensasi hangat yang diberikan dipercaya dapat melegakan pernapasan.

Baca Juga :  5 Tips Diet Untuk Wanita

baca juga : manfaat kayu manis

Detoksifikasi tubuh

Daun jeruk nipis mengandung zat antioksidan alami yang dapat mengeluarkan racun-racun yang mengendap dalam tubuh.

Racun yang berasal dari makanan atau minuman yang kurang sehat dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit apabila tidak segera dikeluarkan.

Untuk  menggunakan daun jeruk nipis sebagai alat detoksifikasi tubuh cukup mudah, salah satunya kamu dapat menambahkan daun jeruk nipis pada secangkir teh hangat untuk diminum.

Memperbaiki kualitas tidur

foto by : hallosehat.com

Untuk kamu yang memiliki masalah susah tidur, daun jeruk nipis ini dapat menjadi solusinya.

Daun jeruk nipis mengandung ekstrak senyawa yang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Tidak heran jika banyak yang menggunakan daun jeruk nipis sebagai produk aroma therapy, karena aromanya memang menenangkan.

Tidur adalah istirahat terbaik bagi tubuh, kualitas tidur sebenarnya sangat menentukan kesehatan tubuh kamu. Jadi jika kualitas tidur kurang baik, sistem kekebalan tubuh kamu akan berkurang.

Untuk mengonsumsi daun jeruk nipis sebagai obat penghilang lelah dan merileksasikan tubuh, kamu cukup meminum secangkir teh hangat dengan daun jeruk nipis sebelum tidur.

beberapa senyawa aktif dalam daun jeruk nipis diantaranya flavonoid yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri.

Selain itu daun jeruk nipis juga mengandung senyawa rosmarinik, luteolin, kampferol dan sejenisnya, yang bisa digunakan untuk membuat obat herbal.

Demikian beberapa manfaat dari daun jeruk nipis untuk kesehatan tubuh. Selain itu, untuk kamu yang memiliki segudang aktivitas, daun jeruk nipis ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu dari serangan penyakit.

Selamat mencoba daun jeruk nipis sebagai obat herbal ya.

Artikel Terkait

Bagikan: