Kenapa Anak Muda Suka Nongkrong

penampilan

Nongkrong sekarang udah jadi gaya hidup nih bagi anak-anak muda apalagi buat generasi milenial dan generasi platinum. Nongkrong juga bisa dilakukan dimana saja asal tempatnya nyaman bagi kamu. Nongkrong sendiri merupakan kegiatan dimana orang-orang berkumpul hanya untuk sekedar ngobrol, atau bahkan tidak melakukan apapun. Tidak hanya komunitas-komunitas atau sekelompok orang yang bisa nongkrong, kamu pergi ke kafe untuk sekedar menghabiskan waktumu juga bisa disebut nongkrong.

Sebenarnya, istilah nongkrong banyak dikaitkan dengan hal-hal negatif, seperti hanya buang-buang waktu, bikin keributan tengah malam dan sebagainya. Dulu, nongkrong hanya dilakukan oleh bapak-bapak di warkop pinggir jalan, mereka ngopi sambil ngobrol dan merokok. Tapi nongkrong yang kekinian yang dilakukan anak-anak muda sudah agak berbeda.

Anak muda jaman now, nongkrongnya bisa dibilang udah nongkrong yang berkelas. Kenapa? Karena biasanya mereka memilih tempat seperti kafe yang unik dengan menu menarik plus menyediakan Wifi. Walaupun tak sedikit juga yang berkumpul di pinggir jalan dan di warung kopi sederhana. Mereka juga biasanya nongkrong sampai tengah malam dan banyak warga sekitar yang dibuat resah.

Nah, terus kenapa sih mereka suka nongkrong? Ini nih beberapa alasannya:

Mempererat Silaturahmi

nongkrong
Sumber: Vince Fleming on Unsplash

Nongkrong membuat para anak muda bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-teman mereka bahkan dengan nongkrong bareng pun mereka bisa dapat teman baru, dari sekolah lain atau kampus lain misalnya. Dengan begitu mereka bisa lebih memahami pentingnya berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung daripada cuma diskusi di grup chat. Pertemanan mereka juga bisa menjadi lebih luas dan lebih erat dikalangan sebayanya.

Baca Juga :  3 Tips Awet Muda

Baca juga: 5 Jajanan yang Sehat

Berbagi dan Bertukar Cerita, Ide serta Gagasan

Nah, saat nongkrong biasanya anak muda sering berdiskusi dengan bertukar dan berbagi cerita. Yang didiskusikan pun beragam, dari sekedar hobi otomotif, atau ngomongin soal game bahkan terkadang ada beberapa anak muda yang cerdas dan peduli tentang isu-isu social dan politik lalu membawanya sebagai tema diskusi. Wah, pasti wawasan akan bertambah kalau rajin nongkrong.

Kerja Kelompok

Gak Cuma ngobrol atau mabar, ternyata ada juga anak muda yang nongkrong karena mereka sedang ngerjain tugas sekolah atau tugas kampus nih. Mereka memilih tempat yang nyaman untuk berkumpul supaya bisa lebih santai saat membahas tugas tersebut. Ditambah lagi, sudah banyak kafe kekinian yang menyediakan fasilitas seperti Wifi dan AC atau kipas angina yang bikin anak muda tambah betah nongkrong di kafe-kafe ini.

Sekedar Menghabiskan Waktu

Ada juga yang berpikir bahwa nongkrong bisa digunakan untuk meluangkan waktu. Karena suasananya yang santai banyak yang menganggap nongkrong bisa dijadikan alternative refreshing nih. Ada juga anak-anak muda yang lebih memilih nongkrong karena merasa sunyi dan sumpek kalau diam dirumah apalagi kalau orang tua mereka disibukkan oleh pekerjaan.

Baca juga: Tempat Nongkrong yang Disukai Anak Muda 

Sebenarnya, masih banyak alasan lain yang mungkin lebih private dan pribadi. Tapi apapun alasannya, asalkan nongkrong dimanfaatkan untuk hal-hal positif tidak ada salahnya bukan? Yang jelas, kalau nongkrong kalian harus ingat waktu dan tidak menimbulkan keributan atau keresahan warga.

Artikel Terkait

Bagikan: