5 Jurusan Kuliah Paling Disukai Mahasiswa

Wasila

Setuju tidak kamu dengan ungkapan kalau memilih jurusan kuliah tidak boleh asal pilih saja? Pastinya setuju dong. Dalam memilih jurusan kuliah kamu memang perlu pertimbangkan dengan matang mengenai prospek dari jurusan tersebut dan apakah kamu benar-benar minat memilih jurusan tersebut.

Tapi, tidak jarang ada juga yang masih ragu dalam memilih jurusan kuliah, padahal dalam waktu dekat sudah harus menentukan pilihan. Nah, buat kamu yang masih bimbang terus-terusan, berikut ada 5 jurusan kuliah paling disukai mahasiswa. Simak yuk barangkali jurusan berikut bisa jadi referensi buat kamu.

Psikologi

Psikologi
Sumber: Markus Winkler from Unsplash

Nggak dipungkiri lagi, saat ini kebutuhan akan tenaga professional di bidang kesehatan mental cukup banyak dicari. Tingginya tingkat peminat dari jurusan psikologi ini selaras dengan semakin meningkatnya kebutuhan tenaga kesehatan mental sebesar lebih dari 40%.

Hal ini membuat jurusan psikologi menjadi incaran banyak sekali calon mahasiswa dan telah jadi salah satu jurusan favorit yang disukai mahasiswa. Setiap tahunnya, jumlah pendaftar untuk jurusan psikologi tergolong terus bertambah. Apakah kamu juga tertarik untuk masuk jurusan satu ini?

Kedokteran

Tidak jauh beda dengan jurusan psikologi, jurusan kedokteran pun masih tetap jadi incaran banyak mahasiswa. Bisa dibilang jika jurusan kedokteran adalah jurusan yang tak akan pernah sepi peminat dikarenakan memang kebutuhan akan lulusan kedokteran setiap tahunnya juga meningkat.

Ditambah lagi, jurusan ini memang dipandang jurusan yang bergengsi oleh masyarakat. Sehingga, mahasiswa yang masuk ke jurusan ini akan merasa begitu bangga. Tapi, jika kamu serius ingin memilih jurusan kedokteran, pastikan kamu mempersiapkan dengan matang ya. Dikarenakan ujian masuk ke jurusan kedokteran tidaklah mudah. Semangat!

Baca Juga :  Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Wawancara

Akuntansi

Jika dua jurusan yang disukai mahasiswa sebelumnya tergolong jurusan yang berhubungan dengan kesehatan, jurusan favorit selanjutnya ini adalah jurusan yang berhubungan dengan dunia bisnis. Jurusan akuntansi setiap tahunnya mengalami peningkatan baik dari segi peminat juga tingkat kebutuhan tenaga professional dari jurusan ini.

Baca juga: 4 Ciri Buah yang Bagus

Oleh karenanya, nggak ada salahnya kalau kamu memilih jurusan satu ini mengingat prospek kerjanya yang juga cukup bagus. Bahkan, menurut data, kebutuhan akan tenaga professional akuntan mencapai lebih dari 40% dan bisa saja semakin naik setiap tahunnya lho. Gimana tertarik untuk memilih jurusan satu ini?

Teknik Informasi

Selain jurusan berhubungan dengan kesehatan dan bisnis, jurusan teknik juga tak kalah peminat dibanding jurusan lainnya. Salah satunya adalah teknik informasi. Meskipun tergolong sebagai jurusan yang tidak mudah, nyatanya jurusan teknik informasi tetap jadi jurusan paling disukai mahasiswa.

Hal ini tak lepas dari prospek lulusan teknik informasi yang begitu dibutuhkan. Sejak 5 tahun terakhir ini, permintaan akan lulusan teknik informasi sebagai analis data kebijakan terus saja meningkat. Sehingga, tidak sedikit mahasiswa yang mulai tertarik untuk masuk ke jurusan ini dan menjadikan jurusan ini sebagai salah satu jurusan favorit mahasiswa.

Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual
Sumber: Andrew Neel from Unsplash

Desain komunikasi visual atau lebih umum dikenal dengan DKV juga tergolong sebagai jurusan paling disukai mahasiswa. Jurusan ini sangat diminati oleh mahasiswa terutama yang berjiwa-jiwa kreatif. Selain itu, prospek kerja dari jurusan DKV juga tak kalah lho dari jurusan lainnya.

Di era digital ini, kebutuhan akan media visual semakin meningkat, sehingga peluang lulusan desain komunikasi visual dalam hal prospek kerja juga akan terbuka lebar. Beberapa bidang industri yang cukup banyak mencari lulusan desain komunikasi visual adalah periklanan, entertainment, hingga pemasaran. Dengan banyaknya peluang ini, nggak salah lagi ya jika jurusan ini jadi jurusan favorit.

Baca Juga :  Macam-macam Pertanyaan dalam Kuesioner Penelitian

Baca juga: Manfaat Buah Mengkudu yang Banyak Khasiat

Setelah tahu 5 jurusan kuliah paling disukai mahasiswa di atas, jurusan apa nih yang paling ingin kamu pilih? Ingat ya, selalu pertimbangkan kira-kira jurusan mana yang menurutmu terbaik untuk kamu dan sesuai dengan bakat serta minat ya.

Artikel Terkait

Bagikan: