4 Ciri Buah Yang Bagus

penampilan

Buah yang bagus berarti buah tersebut tidak busuk, sudah matang dan mengalami kerusakan lain seperti bekas jatuh ataupun bekas digigit binatang. Kenapa kita perlu tahu cara memilih buah yang bagus? Karena kita tidak tahu bagaimana penanganan pasca panen dari buah-buah tersebut, bisa saja yang belum matang juga dipanen dan diperam oleh penjualnya, hal seperti ini bisa saja mempengaruhi rasa dari buah tersebut. Tidak mungkin juga kan kamu mencoba satu persatu buah yang akan kamu beli, karena penjual biasanya hanya mengupas satu saja untuk dijadikan tester. Lalu bagaimana kamu bisa yakin kalau buah yang kamu pilih adalah buah yang bagus?

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih buah yang bagus:

Perhatikan Karakteristik Fisik Buah

buah
Sumber: silviarita dari Pixabay

Bentuk, ukuran, warna dan kondisi kulit buah sangat penting untuk kamu perhatikan untuk menilai bagus tidaknya buah tersebut. Buah yang bagus adalah yang sudah matang secara fisiologis biasanya memiliki cirinya masing-masing. Misalnya, untuk buah yang memiliki tangkai seperti semangka atau melon, kamu bisa perhatikan tangkainya, jangan memilih buah dengan tangkai yang keriput karena itu pasti sudah tidak segar lagi dan sudah disimpan berhari-hari.

Untuk buah seperti belimbing, kamu harus perhatikan kulitnya, jika terdapat bercak atau lubang, bisa jadi belimbing tersebut berulat, jangan pula memilih buah yang memar atau ada bekas gigitan binatang karena akan cepat busuk. Pilihlah yang kulitnya mengkilat dan kencang.

Baca juga: 5 Makanan Tinggi Vitamin E

Periksa Aromanya

Kamu pasti familiar dengan aroma durian atau buah cempedak, karena mereka memiliki aroma yang menyengat. Nah, buah-buah seperti ini bisa kamu ketahui bagus tidaknya dari aromanya. Jika durian atau cempedak aromanya sudah menyengat artinya buah tersebut sudah matang. Buah nanas pun demikian, siapa yang mau repot-repot memencet kulit buah nanas yang keras dan tajam, tapi jangan pula pilih buah yang aromanya sudah terlalu manis bahkan terasa seperti alkohol, karena itu tandanya buah tersebut sudah kematangan dan sudah tidak bagus.

Baca Juga :  Kuliner Yang Di Sukai Anak Muda

Warna Buah

Nah ini adalah trik paling mudah untuk menilai bagus tidaknya buah, karena kamu bisa langsung tahu dari jauh hanya dengan melihat warnanya. Biasanya buah yang bagus pada umumnya memiliki warna yang cerah seperti kuning, jingga, atau merah jika sudah matang. Contohnya buah rambutan, pisang, papaya dan mangga. Kamu bisa menilainya dari warnanya, meskipun ada beberapa jenis pisang yang warnanya tetap hijau saat sudah matang tapi umumnya kulit pisang akan berwarna kuning.

Keras Tidaknya Buah Tersebut

Nah, trik memilih buah bagus yang satu ini bisa kamu pakai jika kamu kesulitan mengidentifikasi bagus tidaknya buah dari penampilan fisik, warna, maupun aromanya. Kamu bisa menilainya dari tingkat kekerasan buah tersebut. Contohnya, buah alpukat. Buah alpukat tidak mengalami perubahan warna, warnanya sama dengan buah yang masih mentah. Alpukat yang masih mentah itu rasanya pahit sekali lho, jadi jangan sampai salah pilih ya.

Baca juga: 5 Makanan Tinggi Protein

Kamu bisa pencet buahnya, kalau sudah lembek artinya buahnya sudah matang dan sudah enak untuk kamu santap. Tapi, kamu juga harus perhitungkan, kalau ingin memakannya dalam beberapa hari kedepan berarti kamu harus pilih yang masih agak keras supaya buahnya tidak kemasakan atau busuk sebelum sempat kamu kupas.

Artikel Terkait

Bagikan: