Dampak Buruk Makan Sambil Berdiri Yang Membahayakan Kesehatan

Ani Rufaidah

foto by : food detik. com

Makan dan minum adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sebagai manusia. Semua makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman untuk bertahan. Makanan yang sehat dan bergizi tentu sangat diperlukan oleh tubuh.

Makan dan minum pasti ada tata cara dan waktunya masing-masing. Misalnya makan yang baik yaitu tiga kali sehari, dengan aturan makan pagi, siang dan malam, makan dengan menggunakan tangan kanan dan dalam kondisi duduk (tidak berdiri).

Semua kebiasaan dan aturan ini sudah diajarkan oleh orang tua kita sejak masih kecil. Namun, pada kenyataannya sering kita sendiri lalai, bahkan banyak menjumpai orang – orang disekitar kita yang makan dan minum dalam kondisi berdiri. Mungkin hal ini sering dianggap sepele.

Kebiasaan ini mungkin banyak dilakukan oleh orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, karena dirasa makan dan minum sambil berdiri lebih efisien dapat menghemat waktu, atau terjadi pada orang yang sedang berada di acara tertentu seperti pesta pernikahan yang tidak memungkinkan untuk duduk, sehingga membuat orang harus makan sambil berdiri.

Berikut ini ada beberapa dampak berbahaya dari makan dan minum sambil berdiri yang wajib kamu ketahui:

Mengganggu sistem pencernaan tubuh

Makan sambil berdiri menyebabkan makanan yang belum tercerna dengan baik, langsung masuk ke dalam usus. Jika dilakukan terus menerus, hal ini dapat menyebabkan kita akan lebih cepat merasa lapar karena perut dapat mengosongkan isi makanan lebih cepat dari biasanya.

Kemudian usus mengalami peningkatan tekanan yang sering kali membuat kita merasa kembung. Posisi makan sangat menentukan kesehatan sistem pencernaanmu.

Baca Juga :  Inilah 4 Manfaat dari Buah Mengkudu

So, mulai dari sekarang biasakan makan dan minum dalam posisi duduk dimanapun kamu berada.

Lebih cepat lapar

foto by : doktersehat.com

Menurut penelitian, bergerak segera setelah makan dapat menyebabkan usus bekerja 30% lebih cepat dalam mencerna makanan.

Dilansir dari doktersehat. com makanan yang dicerna dengan cepat seperti karbohidrat olahan, membuat kamu lebih cepat merasa lapar, dibandingkan dengan makanan yang memiliki serat.

Selain itu, ketika kamu makan dalam kondisi berdiri perut akan terbuka lebih besar, sehingga kamu akan makan lebih banyak untuk menghilangkan rasa lapar. Ingat ya, makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kamu kenyang, hal itu juga baik untuk kesehatan pencernaanmu.

Memicu terjadinya serangan penyakit

Meningkatnya asam lambung adalah penyakit yang biasa terjadi pada kamu yang memiliki kebiasaan makan sambil berdiri. Karena makanan tidak dapat tercerna dengan baik membuat asam lambung semakin meningkat. Ketika asam lambung naik perut kamu akan terasa kembung dan begah.

Selain asam lambung penyakit berbahaya lainnya yang ditimbulkan dari makanan yang tidak tercerna dengan baik adalah terjadinya penumpukan gas didalam perut, yang dapat mengganggu aktivitas kamu dan mengurangi energi yang seharusnya didapatkan dari makanan.

Jika kebiasaan ini berlanjut terus menerus, penumpukan gas dapat menyebabkan nyeri pada dada bahkan kemungkinan terburuknya adalah seseorang tersebut dapat mengalami jantung dan stroke ringan. Berbahaya sekali ya.

Itulah beberapa dampak buruk yang bisa di timbulkan jika kamu memiliki kebiasaan makan sambil berdiri, apapun kondisinya usahakan selalu makan dalam posisi yang baik. Segala aturan baik makan dan minum yang dibuat untuk kebaikan diri kamu sendiri.

Bahkan dalam agama saja melarang untuk makan dan minum sambil berdiri, karena memang hal yang sering dianggap sepele ini sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Susu Greenfield yang Menyehatkan Tubuh

Artikel Terkait

Bagikan: