Cara Membuat Masker Tomat. Nggak Pakai Mahal, Jerawat Pun Lewat!

penampilan

sumber: pixabay

Jerawat memang bikin kesel. Membuat wajah jadi tak sedap dipandang, juga bisa bikin wajah cenat cenut. Membuat si empunya jadi tidak percaya diri. Semua orang, termasuk laki-laki dan perempuan pasti merasakan sebal saat penggangu wajah ini muncul. Karena pada dasarnya wajah merupakan kesan pertama atau cover terpenting dari individu.

Banyak obat jerawat yang ditawarkan, justru menimbulkan efek samping. Harganya mahal, belum tentu cocok dan belum tentu mengusir jerawat. Paling buruk jerawat bisa bertambah atau muncul masalah kulit lainnya. Selain membeli, kita pun bisa membuat obat jerawat sendiri. Mudah membuatnya dan murah harganya. Sangat gampang didapat. Bisa beli di tukang sayur ataupun menanamnya sendiri di kebun rumah. Dia lah sayur tomat atau buah (termasuk golongan mana ya?) solusinya. Buahnya kecil, rasanya manis, kaya akan manfaat. Berikut cara dan tahapannya, dibaca sampai akhir ya.

 

Pertama, siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu tomat, air matang, blender, saringan, mangkok, gelas dan sendok.

Kedua, cuci tomat. Pilih tomat yang berwarna merah. Agar nantinya mendapatkan jus tomat yang rasanya manis. Jangan pilih yang warna hijau ya. Karena yang warna hijau rasanya asam. Tidak hanya untuk maskeran aja. Wajah dan badan pun bisa ternutrisi dengan minum jus tomat. Potong buah tomat menjadi ukuran kecil, agar lebih cepat halus. Satu buah tomat cukup untuk 1x pemakaian. Kalau lebih bisa disimpan di kulkas untuk digunakan keesokan harinya.

Ketiga, blender tomat lalu tambahkan air matang secukupnya. Jangan terlalu banyak, supaya maskernya juga tidak terlalu berair. Kalau mau mendapatkan rasa manis tambahkan madu. Usahakan tidak menambahkan gula pasir/gula batu/gula jawa. Pilihlah madu agar mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Juga usahakan pilih madu asli. Bukan kualitas KW super apalagi KW rendahan.

Baca Juga :  Putihkan Gigi dengan Bahan Alami

Keempat, saring jus tomat yang sudah jadi. Pisahkan ampasnya dan jus tomatnya. Simpan ampasnya di mangkok, sedangkan jus tomatnya di gelas. Tambahkan es batu untuk jus tomat, sesuai selera.

Kelima, ampasnya digunakan untuk wajah. Sedangkan jus tomat bisa langsung diminum. Bersihkan muka sebelum maskeran ya. Penting membersihkan muka sebelum maskeran, agar kotoran hilang dan wajah bisa lebih maksimal mendapatkan nutrisi dari masker.

Keenam, oleskan ampas jus tomat ke wajah. Bisa ke seluruh wajah ataupun wajah yang ada jerawatnya. Diamkan selama 30 menit. Tunggu maskernya kering. Dalam pengaplikasiannya ke wajah, saya hanya menggunakan sendok dan tangan. Tidak membutuhkan kuas karena akan lebih repot dan menambah cucian.

Ketujuh, setelah mengering, lalu bilas. Pastikan tidak ada ampas tomat yang tertinggal di wajah. Tidak ada ketentuan, bebas boleh bilas dengan air hangat ataupun air biasa. Asalkan bukan air mendidih ya. Hehe. Akan tetapi, jika ingin bilas dengan air hangat. Jangan lupa setelahnya cuci wajah dengan air dingin. Agar pori-pori wajah tertutup.

 

Masker ini alami tanpa bahan kimia yang berbahaya. Jadi bisa digunakan setiap hari. Saya telah mencobanya selama 2 pekan. Rajin dan tekad yang kuat memiliki wajah bebas jerawat adalah kuncinya. Repot? Malas? Alasan itu akan 100% tertolak karena didasari kuncinya. Masker ini cocok banget buat kalian yang meninginkan wajah yang bebas dari jerawat, dan tanpa banyak pengeluaran membeli skincare berlapis-lapis tahapan. Anak kost bisa banget nih langsung mempraktekkan. Atau ketika dompet menipis di tanggal tua.

Kelebihan lainnya adalah meminimalisir penggunanaan kosmetik ke tubuh kita. Jika misalnya kamu tidak cocok atau tidak mendapatkan efek positif saat penggunaan masker tomat, tidak jadi masalah. Maskernya bisa dikasih ke teman, atau ke saya. (loh? Hehe). Kamu juga telah berhasil mengurangi penggunaan sampah. Kembali ke alam, its more better.

Baca Juga :  5 Cara Menebalkan Alis

Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan: