Cara Membuat BPJS Kesehatan

Ani Rufaidah

Kesehatan sudah seharusnya memang menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Pasalnya, tubuh yang sehat dapat membantu segala aktivitas kamu agar kamu dapat berjalan dengan baik.

Penyakit memang bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi. Tidak bisa dipungkiri biaya pengobatan saat ini juga memang tergolong cukup mahal. Beragam jenis asuransi kesehatan banyak sekali di pasarkan, salah satu yang paling populer adalah BPJS Kesehatan yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah.

BPJS kesehatan saat ini mulai banyak dilirik dan digunakan masyarakat sebagai solusi untuk mendapatkan pengobatan dengan biaya yang jauh lebih murah, karena sebagian biaya pengobatan sudah di cover oleh BPJS Kesehatan sehingga memudahkan seseorang untuk bisa mendapatkan pengobatan yang lebih layak.

Untuk kamu yang mulai tertarik untuk membuat BPJS Kesehatan sebagai solusi untuk mendapatkan pengobatan dengan biaya yang lebih terjangkau berikut ini adalah tata cara membuat BPJS :

Tata Cara Pendaftaran

Secara umum, untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS ada dua cara yaitu mendaftar secara offline (langsung di kantor cabang BPJS terdekat) atau secara online (mendaftar melalui website resmi BPJS).

Tata Cara Pembuatan BPJS Kesehatan Secara Offline

Sebelum mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat, pastikan kamu memabawa Fotokopi KTP, Kartu keluarga dan uang iuran pertama. Dokumen pengenal tersebut digunakan sebagai persayaratan administrasi pendaftaran peserta BPJS.

daftar BPJS
foto by : jurnal.asia

Sebaiknya kamu datang lebih awal untuk menghindari antrian di kantor BPJS terdekat. Setelah sampai dikantor BPJS, kamu akan diberikan form pendaftaran peserta BPJS Kesehatan.

Isi form dengan teliti dan lengkap,  pastikan data yang kamu isi dalam form adalah benar. Pengisian form dimulai dengan mengisi identitas lengkap hingga memilih fasilitas kelas perawatan yaitu kelas satu hingga kelas tiga.

Baca Juga :  5 Manfaat Buah Kiwano

Setelah semua data terisi lengkap, baru kamu akan diberikan nomor virtual account untuk yang berfungsi untuk mengaktifkan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan kamu.

Lalu beberapa hari setelah pembayaran, kamu akan di berikan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan yang nantinya bisa digunakan untuk berobat. Setelah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan pastikan kamu tidak telat membayar iuran bulanan ya.

Baca Juga : Prosedur Penggunaan BPJS

Tata Cara Pembuatan BPJS Kesehatan Secara Online

Jika kamu memiliki keterbatasan baik waktu maupun jarak, BPJS kesehatan memberikan kemudahan pelayanan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS melalui website secara online.

foto by : bpjs-kesehatan.go.id

Cara pendaftaran tidak jauh berbeda hanya saja kamu bisa melakukan pendaftaran online dimana saja. Kamu cukup membuka situs www.bpjs-kesehatan.go.id kemudian isi data diri secara lengkap. Pilih fasilitas kesehatan tingkat satu yang kamu gunakan misalnya dipuskesmas atau klinik terdekat. Pilih kelas perawatan.

untuk biaya iuran per bulan sesuai kelas mulai dari 25.500 hingga 59.500. Setelah berhasil melakukan pendaftaran kamu akan diberikan email konfirmasi yang berisi nomor virtual account yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pertama kamu.

Baca Juga : Cara Mendaftar BPJS Online

Setelah melakukan pembayaran kamu akan dapat E-ID yang nanti dibawa kekantor BPJS terdekat untuk bisa mendapatkan kartu pengobatan.

Demikianlah tata cara pembuatan kartu BPJS Kesehatan baik secara offline maupun online. Kamu bisa memilih sesuai dengan kenyamanan kamu.

Jika kamu sudah yakin ingin mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS kesehatan kamu bisa melakukan tata cara diatas atau bisa dikolektifkan dengan Rt atau Rw setempat, jika sedang ada pengolektifan agar lebih mudah

Semoga bermanfaat

 

Artikel Terkait

Bagikan: