Bahaya Jika Terlalu Sering Menggunakan Hand Sanitizer

Ani Rufaidah

foto by : tribunnews.com

Hand sanitizer adalah salah satu barang yang bagi sebagian orang wajib ada, ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana mana, membuat hand sanitizer menjadi primadona.

Ya memang, di zaman yang serba menyukai kepraktisan ini, ketika kamu malas untuk mencuci tangan dengan air dan sabun, maka hand sanitizer lah yang sering menjadi solusinya.

Tapi, sebelumnya, apakah kamu bisa memastikan bahwa hand sanitizer yang kamu pakai itu aman dan tidak mengganggu kesehatanmu? apakah kamu yakin didalam hand sanitizermu tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya? terlebih kamu sering menggunakan hand sanitizer sebelum kamu makan.

Menurut beberapa penelitian, kandungan zat kimia dalam hand sanitizer, kurang baik untuk kesehatan, terlebih bisa ikut terakumulasi ketika kamu makan.

Berikut ini beberapa penjelasan yang dirangkum dari berbagai penelitan dan sumber, mengenai bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan hand sanitizer. ini dia ulasannya

Menyebabkan iritasi kulit

Dalam hand sanitizer mengandung alkohol yang jika terakumulasi terus menerus dapat mengakibatkan kulit kamu kering dan iritasi. Bahkan jika kamu terlalu sering menggunakan hand sanitizer, besar kemungkinan kulit kamu menjadi rentan untuk keriput.

Beberapa hand sanitizer juga mengandung wangi-wangian dimana terdapat zat phthalates yang dapat menyebabkan kelainan pada produksi hormon dalam tubuhmu, sehingga hormon menjadi sering tidak stabil.

Mengandung zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan

Bahan aktif dalam produk hand sanitizer, pada umumnya merupakan jenis alkohol dan triklosan yang bertindak sebagai antimikroba yang membunuh bakteri, zat kimia ini pada umumnya dapat menyebabkan bakteri baik yang berguna untuk tubuhmu menjadi hilang, ikut mati bersama bakteri jahat. Sehingga di beberapa kasus hal ini dapat mengganggu kesehatan sistem pencernaanmu.

Baca Juga :  Penyebab Pingsan Saat Upacara

Kandungan zat phthalates dalam hand sanitizer dalam beeberapa penelitian juga dapat mengganggu toksisitas perkembangan janin dan sistem reproduksi.

Phthalate ini adalah senyawa kimia sintetis yang merupakan cairan tidak berbau sebagai pelarut untuk parfum. Wah berbahaya sekali ya, jika memang kamu harus menggunakan hand sanitizer, pilihlah hand sanitizer yang sekiranya aman untuk kesehatanmu.

Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, alkohol serta triklosan yang terkandung pada setiap produk hand sanitizer selain membunuh kuman atau mikroba juga dapat membuat bakteri baik ikut mati.

Seperti di ketahui, bakteri baik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu agar lebih tahan dari serangan berbagai penyakit. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menggunakan hand sanitizer ya. Agar sistem imunitas mu tidak terganggu, dan kamu bisa tetap sehat dan kuat.

Mulai dari sekarang cobalah beralih mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, karena memang terbukti lebih efektif membunuh bakteri jahat. Jangan selalu menyukai hal yang instan ya, karena belum tentu baik untuk kesehatanmu.

Sebenarnya ada juga cara alami lainnya yang bisa digunakan untuk membuat produk hand sanitizer sendiri dirumah tanpa menggunakan bahan kimia, misalnya dengan menggunakan minyak essensial murni seperti (tree tea oil) yang memang secara alami memiliki kandungan antibakteria yang efektif membunuh virus, bakteri dan jamur yang menempel pada tanganmu.

Minyak essensial ini lebih aman, karena tanpa zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Membersihkan tangan itu adalah kebiasaan baik, tapi alangkah lebih baiknya lagi jika kebiasaan tersebut juga di lakukan dengan tata cara yang baik dan benar. Tidak ada salahnya jika kamu lebih aware dengan kesehatanmu. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Artikel Terkait

Bagikan: