5 Alasan Harus Menyukai Pelajaran IPA

Wasila

Sejak dulu, pelajaran IPA banyak dikategorikan oleh para siswa sekolah sebagai pelajaran yang sulit. Tetapi, tidak dipungkiri juga kalau pelajaran ini juga banyak sekali diminati oleh para siswa. Buat kamu yang selama ini masih merasa kalau pelajaran IPA itu susahnya setengah mati, yuk simak alasan di bawah ini kenapa kamu harus menyukai pelajaran IPA.

Bisa Melakukan Eksperimen Ilmiah

Bisa Melakukan Eksperimen Ilmiah
Sumber: Yassine Khalfalli from Unsplash

Bukan hanya berhubungan dengan teori, mempelajari pelajaran IPA, kamu juga akan diajarkan praktikum di laboraturim IPA seperti laboratorium kimia, biologi dan fisika. Pada kegiatan belajar di laboratorium, kamu akan diajarkan eksekusi dari teori yang sudah dipaparkan guru di depan kelas.

Di laboratorium, kamu bisa memulai praktikum seperti praktikum golongan darah pada pelajaran biologi dan praktikum asam basa pada pelajaran kimia. Lalu, kamu juga bisa memikirkan percobaan baru yang bisa kamu uji untuk memecahkan suatu permasalahan.

Belajar Banyak Hal dari Pelajaran IPA

Di dalam pelajaran IPA, bukan hanya mempelajari satu hal saja, tapi kamu juga akan mempelajari matematika, biologi, kimia dan fisika. Sehingga, ilmu yang kamu peroleh juga cukup banyak dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kamu pula.

Disamping itu, saat kamu mulai menyukai pelajaran IPA, hal itu nggak hanya bermanfaat untuk masa sekolah saja, tapi kamu juga akan dimudahkan dengan pemilihan jurusan kuliah. Dengan banyaknya background pelajaran IPA yang kamu dapatkan, kamu bisa bebas memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat kamu di dunia ilmu pengetahuan alam.

Baca Juga :  Prinsip-Prinsip Dasar yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Observasi

Lebih Mengenal Alam Sekitar

Lebih Mengenal Alam Sekitar
Sumber: pasja1000 from Pixabay

Dengan belajar pelajaran IPA, kamu akan diberikan materi yang memiliki keterkaitan erat dengan lingkungan sekitar kamu. Namanya saja ilmu pengetahuan alam, jadi pasti kamu tidak akan jauh-jauh dari hal yang berhubungan dengan alam.

Contohnya, pada pelajaran biologi yang membahas materi terkait pada manusia, tumbuhan dan hewan. Sehingga, di pelajaran biologi kamu akan mengenal struktur dan fungsi ranga manusia sekaligus gangguan dan cara pengobatannya.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh yang Perlu diketahui

Selain itu, kamu juga akan memahami jenis-jenis kingdom plantae (tumbuhan) dan animalia (hewan) beserta fungsi dan manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Hal ini akan membuat kamu terasa lebih mengenal alam sekitar kamu.

Melatih Kemampuan Berpikir Logis

Tidak dipungkiri lagi, kalau belajar pelajaran IPA akan melatih kemampuan kamu dalam berpikir secara logis. Misalnya saja, dalam kegiatan eksperimen, kamu juga dituntut untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan eksperimen dengan pemikiran yang logis.

Disamping itu, tentu kamu juga akan belajar pelajaran matematika, dimana akan berhubungan dengan angka. Untuk mendapatkan jawabannya kamu perlu memikirkan problem solving untuk menggunakan rumus yang tepat. Hal ini juga kamu lakukan dalam pelajaran kimia dan fisika. Sehingga, secara tidak langsung, kemampuanmu berpikir logis dan kritis akan terasah sedikit demi sedikit.

Dipandang Sebagai Anak Pintar

Dipandang Sebagai Anak Pintar
Sumber: Noorulabdeen Ahmad from Unsplash

Anak-anak yang suka dengan pelajaran IPA, pastinya akan meluangkan lebih banyak waktu untuk mempelajari pelajaran satu ini. Dengan seringnya belajar pelajaran IPA, tak ayal kemampuan kamu dalam berpikir, menghitung, dan memecahkan masalah akan semakin meningkat.

Semakin meningkatnya kemampuanmu, pastinya kamu akan jadi makin cerdas. Jadinya kamu akan dipandang sebagai anak pintar di antara teman-temanmu. Gimana? Sudah mulai tertarik untuk menyukai pelajaran IPA?

Baca Juga :  Ini Dia Jenis-Jenis Observasi dalam Sebuah Penelitian

Baca juga: 5 Alasan Kamu Harus Menyukai Pelajaran Bahasa Inggris

Nah, dari 5 alasan harus menyukai pelajaran IPA, mana nih yang sebenarnya sudah membuatmu lebih menyukai pelajaran satu ini? Dijamin dengan terus memupuk kecintaanmu sama pelajaran IPA, kamu yang awalnya malas untuk belajar pelajaran ini akan lebih semangat lagi. Semangat belajar ya!

Artikel Terkait

Bagikan: