5 Alasan Harus Menyukai Pelajaran Bahasa Indonesia

Wasila

Dibandingkan dengan pelajaran sains dan sosial, pelajaran bahasa juga tak kalah seru untuk dipelajari. Bahkan, di SMA juga disediakan jurusan khusus bagi siswa yang suka dengan pelajaran bahasa.

Bahasa Indonesia, sebagai bahasa kesatuan negara Indonesia dan juga dipakai sehari-hari pastinya sudah nggak asing lagi buat kamu ‘kan? Tapi, disamping itu, banyak juga alasan lain yang menjadikan bahasa Indonesia ini pelajaran yang harus disukai oleh para siswa sekolah. Apa saja alasannya? Simak saja yuk berikut ini.

Bukti Kecintaan Kepada Indonesia

Bukti Kecintaan Kepada Indonesia
Sumber: Tusik Only from Unsplash

Sebagai bahasa kesatuan untuk negara tercinta, Indonesia, tentunya dengan mempelajari bahasa Indonesia bisa dijadikan bukti kalau kamu sangat mencintai negara ini. Meskipun sudah dipakai secara sehari-hari, tapi tidak menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang tidak perlu dipelajari atau bahkan diabaikan begitu saja.

Justru, semakin kamu mempelajari bahasa Indonesia, kamu akan semakin tahu kalau bahasa Indonesia ini punya cakupan ilmu yang luas. Tidak terbatas hanya pada bahasa keseharian yang kamu pakai saja.

Lebih Mudah dipelajari dibandingkan Bahasa Inggris

Nah, alasan selanjutnya kenapa kamu harus menyukai pelajaran bahasa Indonesia adalah kemudahannya dibandingkan dengan bahasa Inggris. Apalagi, jika sejak kecil kamu sudah akrab dengan bahasa Indonesia dibanding dengan bahasa Inggris, maka pastinya belajar bahasa Indonesia akan lebih memudahkan dibanding belajar bahasa Inggris.

Tidak Perlu Mikir Rumus

Tidak seperti pelajaran eksakta seperti matematika, fisika, ataupun kimia, kamu tidak dituntut untuk menghafal rumus-rumus yang rumit. Jadi, sudah dipastikan dong, belajar bahasa Indonesia tidak akan membuatmu ribet.

Baca Juga :  Cara Menggunakan SPSS dalam Analisis Perhitungan Sebuah Riset

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling disukai Mahasiswa

Saat ujian pun, kamu tak akan dipusingkan dengan mengingat-ingat rumus apa saja yang perlu dipakai untuk memecahkan persoalan matematis. Tentunya, ini akan menguntungkan untuk kamu yang memang nggak suka dengan pelajaran menghitung. Nah, makin suka dong dengan pelaran bahasa Indonesia?

Bisa Jadi Penyair Handal

Salah satu hal yang juga dipelajari dalam pelajaran bahasa Indonesia adalah sastra. Buat kamu pecinta karya sastra Indonesia ataupun yang suka berkreasi dengan kata-kata, wajib banget menyukai pelajaran satu ini. Di pelajaran bahasa Indonesia, kamu akan lebih banyak mengenal kosa kata baru yang bisa kamu jadikan kreasi untuk membuat karya sastra yang indah.

Ditambah lagi, ketika kamu memilih penjurusan ke jurusan bahasa, maka pastinya kamu akan mendapat tambahan ilmu berupa pelajaran sastra Indonesia. Nantinya, kamu akan lebih sering disibukkan dengan membaca karya sastra baik berupa cerpen, novel, ataupun puisi. Jadi, seru ‘kan pelajaran satu ini?

Bahasa yang dipelajari di Negara Lain

Bahasa yang dipelajari di Negara Lain
Sumber: Ben White from Unsplash

Hebatnya, bahasa Indonesia ternyata sudah terkenal hingga ke luar negeri. Terdapat lebih dari 7 negara yang telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai pelajaran di bangku sekolah maupun perkuliahan.

Misalkan saja di Jepang, di salah satu kampus terkenal bernama Tokyo University of Foreign Studies telah menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu program studi. Tak hanya di Jepang, sejak dulu, Australia telah menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa yang harus dipelajari di tingkat sekolah dasar.

Bisa dibilang jika bahasa Indonesia sekarang ini juga sudah cukup mendunia. Banyak warga asing yang berbondong-bondong untuk belajar bahasa kesatuan di negara tercinta kita ini. Bahkan, tidak sedikit juga yang mempelajari bahasa Indonesia dikarenakan ingin lebih dekat mengenal kebudayaan Indonesia yang begitu unik. Tentu ini sangat membanggakan, dan kamu juga patut lebih menyukai dan mencintai pelajaran bahasa Indonesia.

Baca Juga :  Sistematika Penulisan Jurnal Rumpun Ilmu Sosial

Baca juga: 5 Sekolah Mewah di Jakarta

Itu dia 5 alasan harus menyukai pelajaran bahasa Indonesia terutama untuk kamu yang masih duduk di bangku sekolah. Dengan menyukai serta mempelajari pelajaran bahasa Indonesia, akan membuktikan kalau kamu juga cinta dengan negara Indonesia. Semangat belajar!

Artikel Terkait

Bagikan: