5 Tips Menghilangkan Bau Mulut

Ani Rufaidah

foto by : honestdocs.com

Siapa yang tahan dengan bau mulut, selain bjsa menurunkan kepercayaan diri kamu, bau mulut juga menyebabkan orang yang berinteraksi dengan kita merasa terganggu.

Bau mulut atau yang disebut dalam dunia medis sebagai helitosis adalah suatu komdisi dimana seseorang mengeluarkan aroma yang tidak sedap dari mulutnya karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut, sehingga bakteri akan terakumulasi dan menyebabkan bau mulut,

Bau mulut memang bukanlah suatu gejala penyakit yang serius, tetapi jika tidak ditangani dengan tepat hal itu akan menimbulkan plak pada gigi. Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini ada 5 cara ampuh menghilangkan bau mulut, berikut ini penjelasannya.

baca juga :cara menjaga kesehatan dimusim kemarau

Daun sirih

foto by : liputan6.com

Daun sirih memang sejak dulu dipercaya memiliki beragam khasiat untuk tubuh, salah satunya adalah dapat membunuh bakteri dan menjaga kesehatan mulut.

Banyak orang tua zaman dulu yang sering mengunyah sirih dan kapur untuk menguatkan gigi.Daun sirih memang memiliki sifat antibakteria dan antiradang yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Kamu bisa menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut dengan cara mengunyahnya secara langsung atau merebus beberapa lembar daun sirih dan menggunakan air rebusannya untuk berkumur.

Minum air putih secukupnya

foto by : idntimes.id

Salah satu penyebab bau mulut adalah pada saat kondisi mulut dalam keadaan kering. Dalam keadaan tersebut, air liur dalam mulut dalam jumlah yang sedikit, kemudian bakteri akan dengan mudah berkembang biak pada mulut yang kering dan menghasilkan senyawa sulfur (belerang) yang menyebabkan aroma tidak sedap pada mulut.

Baca Juga :  3 Manfaat Ketumbar Yang Jarang Terekspos

Minum air putih dapat meningkatkan produksi air liur, sehingga mulut akan selalu dalam keadaan lembab dan segar, menyebabkan bakteri tidak mudah berkembang. Jadi, penuhi selalu kebutuhan mineral kamu ya.

Konsumsi teh hijau

teh hijau memang sejak dulu dipercaya memiliki kandungan zat antibakteria dan antioksidan, yang mampu mencegah bau mulut dan juga penyebab peradangan.

Sering mengonsumsi teh hijau dipercaya dapat mencegah kamu dari tanda tanda bau mulut. Kamu bisa mengonsumsi teh hijau ini dipagi hari  bersama dengan daun mint.

Jauhi makanan yang dapat meningkatkan resiko bau mulut

petai – foto by : healthdetik.com

Cara berikutnya untuk mengatasi bau mulut adalah jangan mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa kuat, yang menjadi sumber penyebab bau mulut. Makanan tersebut seperti durian, petai dan jengkol.

Jika senyawa tersebut masuk ke aliran darah dan paru-paru, dapat menciptakan aroma tidak sedap pada mulut. Maka dari itu penting bagi kamu untuk lebih bijak memilih asupan makanan.

Jika kamu akan melakukan pertemuan dan pembicaraan penting, pastikan untuk tidak memilih mengonsumsi makanan tersebut.

Mengunyah permen

Cara ampuh dan cepat menghilangkan bau mulut adalah dengan mengunyah permen. Dalam kondisi darurat dan genting, ketika kamu belum sempat membersihkan mulut, mengemut permen atau permen karet dapat menjadi solusi jitu. Pilihlah rasa permen karet mint yang mengandung xylitol yang membuat napas kamu terasa segar.

baca juga :Makanan Pereda Batuk

Itulah 5 cara menghilangkan bau mulut, selain melakukan cara-cara diatas, untuk mencegah bau mulut kamu bisa lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c seperti buah dan sayur.

Selain itu sikat gigi secara teratur dan pastikan gigi kamu dalam kondisi yang sehat, sebab jika ada gigi berlubang bisa jadi itulah sumber penyebab kamu sering mengalami bau mulut, jadi segera periksakan kedokter gigi dan mulut ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  5 Manfaat Berenang Untuk Kesehatan

 

Artikel Terkait

Bagikan: