5 Manfaat Toge

Ani Rufaidah

foto by : kumparan.com

Toge salah satu sayuran favorit yang cukup terkenal di Indonesia. Pasalnya toge memang sangat mudah diolah. Perkembangbiakan toge juga cukup mudah, toge hanya membutuhkan tempat yang lembab, gelap dengan kadar air yang cukup.

Toge biasanya diolah menjadi gado gado, laksa, toge goreng atau sering juga dicampur dalam semangkuk bakso yang lezat.

Selain mudah diolah, tahukah kamu bahwa toge juga memiliki banyak kandungan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 5 manfaat toge untuk kesehatan dirangkum dari berbagai sumber :

baca juga : Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung

foto by : jalansehat.com

Menurut penelitian kandungan saponin yang terdapat pada toge dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL).

Kandungan lemak jahat yang terdapat dalam tubuh memang dapat meningkatkan resiko seseorang terserang penyakit stroke dan jantung.

Maka dari itu dengan mengonsumsi toge dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung kamu.

2. Menjaga kesehatan pada sistem pencernaan

pencernaan
foto by : doktersehat.com

Toge adalah jenis sayuran yang kaya akan serat yang dapat meningkatkan respon kerja usus, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Serat memang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi toge dapat mencegah tubuh terserang penyakit pada sistem pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Tetapi perlu di perhatikan, untuk selalu mencuci bersih toge yang hendak dikonsumsi sebab toge beresiko mengandung bakteri e. colli yang dapat menjadi penyebab diare.

3. Meningkatkan kesuburan

Manfaat toge berikutnya adalah menjaga kesuburan pada sistem reproduksi. Manfaat ini memang sudah dipercaya sejak dulu.

Toge mengandung vitamin E yang dapat melindungi sel dari pengaruh buruk radikal bebas yang dapat merusak sel telur dan sperma. Maka dari itu sering mengonsumsi toge dipercaya dapat mencegah kerusakan pada sel tersebut.

Baca Juga :  5 Tips Menghilangkan Bau Badan

Untuk kamu yang memiliki permasalahan kesuburan, mengonsumsi toge dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut.

4. Mencegah gangguan menstruasi

foto by : hallosehat.com

Manfaat berikutnya dari toge adalah dapat mencegah permasalahan atau keluhan yang terjadi pada saat menstruasi. Jika kamu sering mengalami permasalahan pada menstruasi, kamu boleh mengonsumsi toge ini untuk mengatasinya.

Kandungan antioksidan alami yang terdapat pada si kecil toge dapat meningkatkan dan melancarkan sirkulasi darah.

Mengonsumsi toge sebelum masa menstruasi dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit dan keluhan saat menstruasi.

5. Mengobati jerawat dan penyakit kulit

foto by : fimela.id

Selain untuk kesehatan, toge juga baik untuk perawatan kecantikan. Manfaat berikutnya dari si kecil toge adalah ia mampu mengobati jerawat dan penyakit kulit seperti eksim.

Hal ini dikarenakan kecambah pada toge mengandung omega 3 yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga resiko timbulnya jerawat dan penyakit kulit lainnya dapat berkurang.

Selain itu kandungan vitamin E yang terdapat pada toge juga dipercaya mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit, bahkan dapat mencegah terjadinya tanda – tanda penuaan dini.

baca juga : Sayuran Untuk Kecantikan

Itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sering mengonsumsi toge. Toge adalah salah satu jenis sayuran yang paling mudah untuk diolah dan dikembang biakan.

Namun ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi toge, terutama bagi kamu yang memiliki permasalahan lambung dan kanker payudara, karena ada beberapa sifat dan kandungan toge yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan tubuh.

Ada baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter, apakah toge ini aman untuk kamu konsumsi. Jaga selalu kesehatan tubuh kamu ya.

Artikel Terkait

Bagikan: