5 Buah Untuk Kesehatan Jantung

Ani Rufaidah

foto by : idntimes.id

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit mematikan di dunia. Penyakit ini dapat membunuh penderitanya secara perlahan dan tiba tiba. Melakukan gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga dapat mencegah resiko terserang penyakit jantung.

Nah berikut ini ada 5 buah yang dipercaya dapat berkhasiat mencegah resiko terserang penyakit jantung :

baca juga :makanan pencegah kanker

Anggur

foto by : keynobetsa.com

Buah yang satu ini memang sejak dulu dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian buah ini terdapat resveratrol yaitu antioksidan alami untuk jantung yang dapat mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Ada baiknya kamu mengonsumsi anggur ini secara langsung bukan dari minuman beralkohol seperti red whine yang justru malah akan membahayakan kesehatan jantung.

Pisang

foto by : idntimes.com

Buah berikutnya yang baik untuk menjaga kesehatan jantung adalah pisang. Pisang mengandung kalium yang dapat menstabilkan tekanan darah dan mencegah terjadinya hipertensi.

Selain itu pisang juga termasuk ke dalam jenis buah yang mengandung lemak jenuh cukup rendah sehingga dapat mengurangi peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol dan hipertensi adalah dua jenis penyakit yang jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan seseorang beresiko tinggi terkena serangan jantung. Jadi, jangan lupa untuk lebih sering mengonsumsi sang pisang ini ya. Buah ini dapat dengan mudah kamu temukan.

Manggis

foto by : pegipegi.com

Buah yang ketiga dan dipercaya dapat mengobati penyakit jantung adalah buah manggis. Namun uniknya bukan hanya daging buah manggis yang bermanfaat untuk kesehatan jantung tetapi dari si kulit manggis ini.

Ekstrak kulit manggis yang sudah diproses sedemikian rupa akan menghasilkan suatu zat yang bernama xanthones yang bermanfaat sekali untuk mengobati penyakit jantung.

Baca Juga :  5 Manfaat Olahraga

Zat Xanthone ini bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan lemak pada darah. Kamu bisa mendapatkan ekstrak kulit manggis ini di toko obat terdekat.

Delima

foto by : dream.co.id

Berdasarkan sebuah penelitian, buah delima banyak mengandung polifenol dan antosianin yakni antioksidan alami yang bermangaat untuk melancarkan peredaran darah ke jantung dan menjaga elastisitas pembuluh darah.

Mengonsumsi secara rutin jus delima dipercaya mampu mengurangi resiko terserang penyakit jantung yaitu silent killer yang sangat berbahaya.

Alpukat

foto by : fimela.com

Buah selanjutnya adalah alpukat. Buah alpukat memang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Seperti kita ketahui, angka kolesterol yang tinggi juga dapat memicu serangan penyakit jantung.

Selain lemak tak jenuh, buah alpukat juga mengandung kalium yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sebagai zat antioksidan alami bagi tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi alpukat ini secara langsung, atau dijadikan sebagai jus tetapi jangan terlalu banyak menambahkan gula ya.

Selain mengonsumsi beberapa buah yang dapat mencegah resiko terserang penyakit jantung, ada baiknya kamu juga rutin check up ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatanmu.

baca juga :manfaat terong

Nah, itu dia beberapa buah yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengobati penyakit jantung.  Buah dan sayur memang dua sumber makanan yang sangat baik untuk kesehatan.

Tidak ada salahnya bukan, jika kamu rutin mengonsumsi buah buahan yang menyegarkan sekaligus menyehatkan seperti diatas setiap harinya. Jadi, mulai dari sekarang jangan lupa untuk mengonsumsi buah buahan ya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan: