5 Buah Penambah Darah

Ani Rufaidah

foto by : klikdokter.com

Siapa yang sering kali merasa pusing, lemas, lesu, pucat, berkeringat dingin dan sering tidak bersemangat ketika melakukan aktivitas. Wah, kemungkinan kamu mengalami kekurangan darah. Kondisi tersebut adalah beberapa gejala anemia atau tubuh mengalami kekurangan darah.

Anemia adalah suatu keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat,sehingga jaringan tubuh tidak mendapatkan supply oksigen yang mencukupi, dan sering kali mengakibatkan mudah lelah dan pucat.

Kekurangan darah jangan dianggap sepele ya, karena jika dibiarkan terus menerus akan membahayakan tubuh dan sangat mengganggu aktivitas kamu. Maka dari itu, kamu harus sering mengonsumsi makanan yang dapat menambah produktivitas sel darah merah.

Dibawah ini ada 5 buah buahan yang dipercaya dapat menambah darah, yuk dicoba

baca juga :makanan penambah Hb

1.  Strawberry

thesun.co

Siapa sih yang tidak suka dengan buah strawberry ni. Rasanya yang menyegarkan asam manis dan warnanya yang cantik menggugah selera membuat buah yang satu ini tidak kalah jumlah pecintanya dengan buah lain.

Strawberry mengandung zar antioksidan alami yang membantu tubuh memproduksi sel darah merah.Selain itu, zat amtioksidan juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari pengaruh buruk radikal bebas. Kamu bisa mengonsumsi strawberry ini secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang lebih.

2. Semangka

foto by : tanimuda.com

Selain strawberry buah berdaging merah berikutnya yang dapat menambah darah adalah semangka. Tentu selain menyehatkan semangka juga lezat bukan.

Sepotong semangka segar mengandung zat besi sebanyak 1,5 gram. Selain zat besi semangka juga mengandung vitamin C yang memudahkan penyerapan zat besi pada tubuh.

3. Mangga

Buah yang ketiga dan dipercaya dapat menambah darah adalah buah mangga. Si Buah mangga ini mengandung berbagai macam vitamin seperti Vitamin B, vitamin C, Vitamin E dan K serta berbagai mineral penting seperti magnesium, tembaga dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga :  5 Obat Cacing Paling Ampuh

Vitamin dan mineral tersebut membantu penyerapan zat besi sehingga tubuh tidak mengalami kekurangan darah. Kamu tentu bisa dengan mudah mendapatkan si buah mangga ini.

4. Alpukat

Siapa yang sering minum jus alpukat, jus ini memang terkenal menyegarkan ya Buah ini mengandung lemak tak jenuh dan ternyata buah ini juga mengandung banyak zat besi dan berbagai macam vitamin A, vitamin B1 dan C yang dibutuhkan tubuh sebagai penambah darah.

Mungkim belum banyak yang mengetahui manfaat dari si buah alpukat ini. Untuk kamu yang sering mengonsumsi jus alpukat ini ga akan rugi deh.

5. Anggur

foto by : keynobetsa.com

Anggur adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung asam folat, dan Vitamin A, dimana nutrisi dan vitamin ini sangat dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah. Anggur merah dipercaya memiliki lebih banyak nutrisi dan zat antioksidan dibandingkan dengan anggur jenis lainnya.

Meskipun ukuran dari si buah anggur ini tergolong kecil, tetapi manfaat yang diberikan tidak kalah dari buah buahan lainnya.

baca juga :manfaat anggur merah

Itu dia, 5 jenis buah buahan yang dipercaya dapat menambah darah. Selain sayur sayuran, mengonsumsi makanan dan obat penambah darah juga dapat mengatasi masalah kamu. Pilihlah makanan yang mengandung zat besi, vitamin A dan B seperti hati dan daging.

Kekurangan darah memang tidak bisa dianggap sepele, untuk itu kamu harus menjaga kesehatan kamu dengan melakukan gaya hidup yang sehat. Setiap harinya usahakan selalu untuk melengkapi menu makanan dengan buah dan sayur. jika gejala anemia tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter ya.

Artikel Terkait

Bagikan: