5 Obat Cacing Paling Ampuh

Ani Rufaidah

foto by : satujam.com

Cacingan memang sering kali terjadi pada anak anak, tapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terkena cacingan.

Cacingan adalah suatu gejala penyakit yang tidak terlalu berbahaya tetapi sangat mengganggu.

Cacingan ditandai dengan perut membesar, tidak nafsu makan, penurunan berat badan, gatal disekitar anus bahkan untuk fase yang lebih serius cacingan biasanya menyebabkan muntah, diare hingga feses berdarah.

Faktor utama penyebab cacingan adalah kurangnya perhatian dalam menjaga kebersihan, baik itu kebersihan makanan maupun lingkungan.

Cacing yang menginfeksi biasanya adalah cacing kremi, cacing gelang atau pita. telur cacing bisa saja tanpa disadari ada dalam makanan yang tidak bersih sehingga ikut ke sistem pencernaan.

Ukuran cacing kremi sekitar 5 sampai 10 milimeter. Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini ada 5 obat cacing yang terbukti paling ampuh membunuh cacing cacing yang bisa kamu beli di apotek terdekat :

baca juga : minuman pereda batuk

Mebendazole

Sebelumnya obat cacing ini tidak disarankan untuk diberikan kepada anak – anak usia di bawah dua tahun, lebih di rekomendasikan untuk orang dewasa.

Cara kerja mebendazole adalah dengan membasmi cacing kremi di sistem pencernaan. Obat ini berfungsi dengan cara mencegah cacing untuk menyerap gula dan nutrisi makanan lainnya pada sistem pencernaan.

Hal inilah yang sering kali menyebabkan berat badan anak atau orang dewasa menurun, karena nutrisi yang terdapat didalam makanan diambil oleh si cacing sehingga tubuh menjadi lesu dan tidak bertenaga. Untuk itu wajib bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan.

Pyrantel

foto by : combantrin.co.id

Pyrantel adalah obat anti cacing, bekerja dengan cara mencegah perkembang biakan cacing didalam saluran pencernaan. Jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dulu ke dokter.

Baca Juga :  Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Pyrantel tidak disarankan untuk diberikan kepada penderita liver atau orang yang memilki alergi terhadap obat ini. Selain itu, tidak dianjurkan juga untuk diberikan kepada ibu menyusui dan anak usia dibawah 2 tahun.

Albendazole

Jenis obat cacing yang ketiga ini bekerja dengan cara membunuh cacing dan parasit lainnya yang sensitif di dalam tubuh.

Albendazole boleh diberikan kepada anak anak sesui petunjuk dari dokter, jangan berikan obat cacing ini jika anak memiliki reaksi alergi terhadap obat cacing ini.

Levamisole

Obat cacing yang satu ini digunakan untuk mengatasi infeksi cacing tambang campuran dan ascariasis. Seperti yang kita ketahui selain cacing kremi ada juga beberapa jenis cacing lainnya yang dapat menginfeksi tubuh.

Pada dasarnya obat ini aman untuk di konsumsi oleh anak anak dan dewasa. Sementara untuk ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi obat ini, terutama untuk di trimester pertama.

Obat cacing bahan alami

foto by : kumparan.com

Selain obat obatan yang bisa didapatkan di apotek, ada juga obat cacing dari bahan alami diantaranya bawang putih dan minyak kelapa.

Bawang putih ampuh mencegah dan membunuh cacing beserta telurnya, kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dengan cara menumbuk bawang putih hingga benar benar halus lalu campurkan dengan sedikit minyak. Celupkan kapas dan oleskan di sekitar area yang gatal.

baca juga : makanan pencegah kanker

Itulah 5 jenis obat cacing yang ampuh untuk membunuh cacing – cacing dan parasit dalam sistem pencernaan. Penting sekali untuk menjaga kebersihan makanan dan lingkungan sekitar.

Jangan sampai karena kebiasaan kotor dan jorok ini mengundang berbagai penyakit yang membahayakan tubuh. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan: