3 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Psikis Anda

Ani Rufaidah

foto by : hallosehat.com

Menangis bukan berarti menandakan kamu orang yang cengeng atau lemah. Menangis memang sering di identikan dengan anak kecil dan juga bayi, tapi bukan berarti orang dewasa tidak pernah menangis ya.

Menangis secara umum dapat diartikan sebagai respons fisik akibat dari refleks ataupun gejolak emosi yang dirasakan seseorang. Menangis tidak selalu disebabkan oleh perasaan sedih dan tertekan, tetapi terkadang berasal dari emosi positif seperti perasaan terharu dan bahagia.

Menangis adalah hal yang wajar, ketika kamu ingin menangis tidak perlu ditahan, lepaskanlah tangisanmu karena ternyata menangis itu memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan mental mu.

berikut ini adalah 3 manfaat menangis untuk kesehatan psikis kamu

1. Mengurangi Tingkat Stres

foto by : seruni.id

Dalam hidup stress adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari. Stres bisa dialami dalam oleh siapapun. Salah satu cara untuk menghilangkan stress adalah dengan menangis, karena dapat memberikan perasaan lega dalam diri anda.

Meskipun tidak akan berpengaruh terhadap keadaan apapun. Dilansir dari liputan6.com menangis dapat menurunkan hormone kortisol yang dapat memicu terjadinya stres. Terdapat juga beberapa unsur kimia dalam tangisan emosional seperti protein proclatic, adrenocorticotropic hormones dan endorphin leucine-enkephalin, yang dapat mengurangi rasa sakit dan melepas hormone stress atau racun dari tubuh melalui air mata yang menetes.

2. Memperbaiki Suasana Hati (Mood)

foto by : idntimes.id

Sebuah penelitian dari Univesity of South Florida tahun 2008 telah membuktikan bahwa menangis dapat menenangkan diri dan meningkatkan suasana hati (memperbaiki mood menjadi lebih baik).

Pada umumnya, setelah menangis anda dapat menenangkan diri dan memperbaiki suasana hati anda. Menangis adalah obat yang paling baik dari antidepresan apapun. Ketika menangis kamu bisa meluapkan perasaan.

Baca Juga :  Segudang Manfaat Dari Buah Naga

Menangislah dengan sewajarnya dan carilah tempat yang tepat untuk menangis. Jadi percayalah dengan menangis perasaan kamu akan lebih lega dan suasana hati kamu akan lebih baik. mau coba?

3. Melepaskan Ketegangan

Pada kenyataannya banyak sebagian orang yang sering menahan tangis dari pada melepaskannya. Menurut penelitian wanita lebih banyak menangis dibandingkan pria, rata rata wanita bisa menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sementara pria hanya 7 kali dalam setahun.

Wah, hal itu juga disebakan karena saluran air mata wanita lebih besar dibandingkan pria. Maka dari itu, karena wanita lebih banyak menangis, wanita cenderung lebih rileks dan tenang dibandingkan pria.

Namun, meskipun demikian bukan berarti wanita itu lebih cengeng dan lebih lemah dari pria ya, justru sebaliknya menangis bisa membuat kamu lebih kuat dan lebih siap dalam menghadapi permasalahan dan kondisi yang terjadi.

Yang pasti kita tidak pernah tahu kapan waktunya kita menangis ya. Karena kita tidak dapat memprediksi kapan rasa sedih atau emosi itu datang.

Namun kebanyakan orang, rata – rata menangis selama 6 menit lamanya. Perlu diketahui, selain baik untuk kesehatan psikis menangis juga baik untuk kesehatan fisik mu. Menangis juga dipercaya dapat meningkatkan kerja otakmu sehingga kamu bisa otakmu bisa bekerja lebih kreatif.

Jadi, jika kamu masih sering menahan untuk tidak menangis, mulai  dari sekarang dipikirkan lagi ya, karena menangis itu menyehatkan. Namun, jika intensitas menangismu juga terlalu sering, itu juga tidak baik, bisa jadi menandakan bahwa kamu sedang mengalami depresi, jangan ragu untuk konsultasikan ke psikolog ya.

Menangislah secara wajar di tempat yang tepat untuk meluapkan emosi mu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Artikel Terkait

Bagikan: