Tips Diet sehat dan Cepat

Ani Rufaidah

foto by : pantangdiet. com

Ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan, seputar cara menurunkan berat badan, baik itu secara alami maupun dengan mengonsumsi obat obatan. Tidak sedikit program diet yang menjanjijan berat badan turun secara drastis dalam waktu singkat.

Tapi tunggu dulu, sebelum melakukan program diet tersebut, kamu perlu memastikan apakah program diet tersebut aman dan tidak membahayakan kesehatanmu. Jangan langsung tergoda ya.

Memiliki dan menjaga berat badan agar tetap ideal sebenarnya gampang-gampang susah, tapi jika ada tekad pasti kamu bisa melakukannya. Berikut ini beberapa tips diet sehat dan cepat yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal :

1. Diet : Menjaga pola makan

foto by : idntimes. com

Tidak bisa dipungkiri, makanan adalah penyebab utama dari kenaikan berat badanmu. Asupan makanan yang tidak terkontrol menyebabkan berat badanmu jauh lebih cepat mengalami kenaikan.

Diet menjaga pola makan lebih terfokus pada menentukan waktu yang tepat untuk makan. Tidak hanya dari makanan tetapi pola waktu untuk bersantap makanan juga perlu diperhatikan.

Ada banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk mensiasatinya, misalnya kamu bisa memulai dari 12 jam tidak makan, dengan menerapkan pola misalnya jam 7 kamu sarapan pagi,  kemudian jam 10 pagi kamu bisa mengonsumsi buah buahan sebagai snack.

Jam 12 makan siang,  jam 3 snack sehat, lalu jam 7 makan malam. nah sisa waktunya 12 jam, kamu bisa mengistirahatkan organ pencernaanmu, tetapi kamu masih tetap boleh minum kok.

baca juga : makanan diet sehat

2. Diet : Mengontrol jenis asupan makanan

foto by : cookpad.com

Diet yang berikutnya adalah dengan mengontrol jenis asupan makanan kamu. Salah satu yang cukup populer adalah dengan melakukan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak.

Baca Juga :  5 Jenis Sayuran Untuk Kecantikan

Misalnya mengonsumsi dada ayam panggang dengan mentega dan bumbu bawang putih, merica dan rempah lainnya kamu bisa mendapatkan 69 persen lemak, 30 persen protein dan 1 persen karbohidrat.

3. Diet : Menikmati makanan

Diet ini menyarankan kamu untuk menikmati dan memperhatikan setiap suapan makanan kamu. Kamu harus makan dan menikmatinya secara perlahan, agar perasaan kenyang tidak terlewatkan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa cara diet seperti ini akan membuat kamu menjauhi makanan-makanan kurang sehat yang mengandung pengawet, dan dapat membuat badanmu lebih cepat mengalami kenaikan.

selain itu makan secara perlahan dengan menikmatinya, juga dapat membuat organ pencernaanmu jauh lebih sehat dan kamu lebih lama merasakan lapar.

baca juga : dampak buruk makan sambil berdiri

Tips

Selain hal diatas untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan sehat dan cepat, ada juga beberapa hal yang harus kamu hindari diantaranya :

  1. makan sambil berdiri, hal ini akan membuat kamu lebih cepat merasa lapar, selain itu makan sambil berdiri juga dapat mengganggu sistem pencernaanmu.
  2. mandi setelah makan akan membuat fungsi pencernaanmu menjadi berkurang karena ketika kamu mandi aliran darah akan melambat, yang akan mempengaruhi sistem pencernaanmu.
  3. makan buah setelah makan adalah kebiasaan yang sering kita lakukan, hal itu juga harus dihindari, karena buah tidak bisa diserap oleh sistem pencernaan apabila dikonsumsi setelah makan.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan kamu hindari untuk melakukan diet secara sehat dan cepat.

Berat badan yang ideal sebenarnya bukan hanya dapat meningkatkan kepercayaan diri tetapi juga membuat hidup kamu jauh lebih sehat.

Jadi, mulai sekarang kita lakukan program diet sehat ya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Insomnia

Artikel Terkait

Bagikan: