Segudang Manfaat Dari Buah Naga

Ani Rufaidah

buah naga – ilmumania.blogspot.com

Siapa yang tidak suka dengan buah naga, warnanya yang merah merona membuat buah naga dilirik oleh banyak orang. Namun sayangnya, buah sang primadona petani ini belum lama mengalami kelonjakan harga.

Viral sebuah video petani buah naga di Banyuwangi yang membuang buah naga ke sungai, lantaran anjloknya harga buah naga yang menyebabkan petani merugi puluhan juta. Hal itu dilakukan sebagai aksi protes para petani kepada pemerintah.

Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah yang sering hadir pada ritual adat masyarakat china ini nyatanya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, sekarang buah naga sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia, salah satunya di Indonesia.

Buah ini umumnya memiliki daging berwarna merah atau daging berwarna putih. Buah yang sering kita temui dalam semangkuk es buah segar ini, nyatanya memiliki segudang manfaat, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

Kaya Akan Kandungan Vitamin C

foto by : hallosehat.com

Dilansir dari detikhealth Ahli Gizi dan Diet dari University Of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND mengatakan Buah naga banyak mengandung air serta kaya akan Vitamin C.

Buah ini juga mengandung serat tinggi, yang baik untuk sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Dengan kandungan vitamin yang tinggi, buah naga dipercaya dapat mencegah sariawan serta sakit tenggorokan.

Mengandung Antioksidan Alami yang tinggi

Buah naga dipercaya memiliki zat antioksidan tinggi yang dipercaya dapat memerangi penyakit kronis. Sebab kandungan antioksidan dalam buah naga dapat bekerja menetralkan radikal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Baca Juga :  Darurat Narkoba, Jangan Sekali Kali Mencoba, Ini Bahayanya!!

Antioksidan yang terdapat dalam buah naga termasuk vitamin C, betalains, beta karoten dan likopen yang dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu buah ini juga kaya akan kandungan vitamin B1 dan B2.

Kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi yang terdapat dalam buah naga merah ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah diserang penyakit.

Selain itu, sering mengonsumsi buah naga juga dapat menghambat penuaan dini. Buah naga ini juga sangat aman dikonsumsi terutama oleh penderita diabetes karena kadar gula yang terdapat pada buah sangat rendah. Wah, banyak sekali ya manfaatnya

Buah naga kaya akan kalsium dan fosfor

Kandungan kalsium yang terdapat pada buah naga ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, yang sangat baik untuk dikonsumsi anak karena sedang dalam masa pertumbuhan. Sementara kandungan zat besi dan juga fosfor dalam buah naga dapat membantu melancarkan peredaran darah serta memperbaiki jaringan yang rusak.

Kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin yang cukup tinggi yang terdapat dalam buah naga dapat membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh manusia yang dapat memicu sel kanker.

Selain itu, Buah ini juga sangant aman dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa maupun ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari mengonsumsi buah naga. Buah cantik merah merona ini memang rasanya tidak semanis buah-buah pada umumnya karena kadar gula yang terdapat dalam buah ini cukup rendah. Buah ini sebenarnya bisa sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Buah naga sekarang ini dapat dengan mudah kamu jumpai di Indonesia, karena sudah banyak petani yang membudidayakan buah ini. Semoga bermanfaat ya

Baca Juga :  5 Resep Cemilan Sehat

Artikel Terkait

Bagikan: