Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Ani Rufaidah

Sebagai orang Indonesia kamu pasti tahu tanaman yang bernama bawang merah.  Bawang merah, bawang putih, bawang bombay adalah jenis tanaman yang sering kita jumpai di Indonesia sebagai pelengkap masakan.

bawang merah
foto by : sains.kompas. com

Bawang merah (Allium Ceppa L.) adalah bumbu masak paling utama yang ternyata berasal dari negara Iran, Pakistan, kemudian menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Selain di gunakan sebagai bumbu dapur untuk menguatkan cita rasa masakan, bawang merah juga ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan

Baca juga : Manfaat Kayu Manis

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bawang merah mengandung zat pollifenol yang dapat memjadi zat antioksidan alami untuk tubuh sehingga dapat melawan radikal bebas.

Zat antioksidan alami pada bawang merah ini dapat membantu melawan penyebab penyakit yang terjadi karena infeksi umum seperti flu, demam dan batuk.

Meningkatkan sistem kerja otak

Menurut beberapa penelitian bawang merah mengandung folat dan zat besi yang baik untuk meningkatkan kesehatan sistem kerja otak dan memperkuat daya ingat.

foto by : mudation.com

Bawang merah juga mengandung senyawa pyrithione yang dapat mencegah peradangan pada otak. Sifat anti peradangan inilah yang membuat bawang merah dapat mencegah penyakit alzheimer-penurunan daya ingat.

Mencegah penyakit kanker

Tidak hanya dikenal sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dikenal mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker.

kanker
foto by : hallosehat. com

Bawang merah mengandung zat belerang yang dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker dalam tubuh.

Menurunkan kolesterol

Kandungan zat antioksidan dalam bawang merah dipercaya mampu mengontrol jumlah lemak jahat pada tubuh yang menyebabkan kolestrol.

Baca Juga :  Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Di Musim Kemarau

Kolesterol adalah pemicu utama penyebab terjadinya penyakit jantung, sehingga jiks kamu sering mengonsumsi bawang merah, maka kamu juga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung tersebut.

Selain beberapa manfaat diatas,  Bawang merah juga berguna untuk menyehatkan tulang, mencegah sembelit dan menurunkan tekanan darah.  Bawang merah kaya akan serat,  vitamin C, protein, zat besi dan folat yang baik untuk tubuh.

Jika kamu mungkin merasa berat mengonsumsi bawang merah mentah secara langsung, karena baunya yang cukup menyengat untuk hidung.

Kamu bisa mengonsumsi bawang merah dengan cara dicampur menjadi pelengkap makanan seperti pada pecel, acar, urab atau dicampur dengan beberapa sendok kecap. Bawang merah juga banyak diolah menjadi bawang goreng.

Jangan lupa untuk menggosok gigi setelah mengonsumsi bawang merah, karena bau dari bawang merah ini cukup menyengat dan dapat mengganggu orang disekitarmu.

Kamu bisa mengonsumsi 1-2 siung bawang merah dalam sehari,  jangan lupa untuk mengonsultasikan dulu ke dokter jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, untuk memastikan keamanannya.

Baca juga : Manfaat Pare

Di saat sedang padat aktivitas, anda juga bisa mengonsumsi bawang merah ini sebagai pelindung tubuh dari berbagai infeksi penyakit.

Agar anda tetap sehat menjalani hari. Menaruh beberapa iris bawang merah didalam kamar dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Demikianlah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh anda.  Tetap semangat menjalani aktivitas dengan tubuh yang sehat. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan: