5 Jurusan Kuliah Paling Jarang Peminatnya

Wasila

Bagi siswa SMA yang berada di tahun terakhir, tentu memliki banyak kebimbangan. Mulai dari mempersiapkan ujian nasional, ujian sekolah, pemilihan jenjang yang akan dipilh hingga pemilihan jurusan. Seringkali siswa kurang mendapatkan refernsi untuk penetuan pilihan jurusan. Sehingga hanya terfokus pada jurusan yang sudah populer saja.

Biasanya jurusan yang populer menjadi jurusan favorit yang tentunya akan memiliki daya saing yang tinggi. Padahal terdapat jurusan yang memang jarang peminatnya, namun memiliki prospek kerja yang bagus. Langsung aja ya simak penjelasan 5 jurusan kuliah paling jarang peminatnya berikut.

Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan
Sumber: Free-Photos from Pixabay

Pada jurusan ini kamu akan dibekali berbagai ilmu terkait masalah dokumen dan arsip. Diantaranya cara membuat arsip, dasar-dasar penerbitan buku dan penegflolaan teknologi informasi. Sehingga kuliah di jurusan ilmu perpustakaan bukan berarti menjadi penjaga perpustakaan atau pustakawan saja ya.

Salah stau prospek kerja di jurusan ilmu perpustakaan adalah document controller. Kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai sekretaris. Dikarenakan kamu juga dibekali dasar-dasar penerbitan buku, kamu juga bisa menjadi seorang indexer ataupun pemilik penerbitan.

Arkeologi

Jurusan yang kedua ini cocok bagi kamu yang suka dalam mempelajari sejarah. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari banyak hal yang digunakan  untuk mempelajari kejadian di masa lampau. Contohnya mempelajari artefak kuno, fosil, prasasti, naskah-naskah kuno, dan penggalian candi.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari hukum, filsafat, sejarah dan konservasi budaya juga alam. Untuk merekontruksi kejadian di masa lalu, kamu akan dibekali sinematografi. Prospek kerja di jurusan arkeologi adalah arkeolog, peneliti, sejarawan. Selain itu, dalam bidang akademik kamu juga bisa menjadi kurator ataupun arsiparis di museum.

Baca Juga :  Sistematika Penulisan Jurnal Rumpun Ilmu Sosial

Kehutanan

Buat kamu yang memiliki kecintaan pada alam sangat cocok untuk masuk di jurusan kehutanan ini. Meskipun jurusan ini tidak cukup familiar bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan, namun di jurusan kehutanan kamu akan mempelajari banyak hal seperti cara melindungi dan memanfaatkan hasil hutan.

Selain itu, kamu juga berkontribusi untuk menjaga dan melindungi hutan dan kekayaan alam yang ada di dalamnya. Di jurusan ini kamu akan belajar ilmu budidaya hutan, manajemen hutan, konservasi hutan, dan teknologi hasil hutan. Selain mengetahui cara melindungi dan memanfaatkan hasil hutan, kamu juga dibekali pengetahuan untuk membuat kebijakan dan usaha dalam mensejahterakan masyarakat dari hasil hutan melalui industry kehutanan.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Disukai Mahasiswa

Prospek kerjanya juga cukup menggiurkan seperti pegawai BUMN, pekerjaan di lembaga birokrat seperti Dinas Kehutanan, Balai Pengelolaan, hingga di Kementerian. Bisa juga kamu bekerja di salah satu konservasi ternama seperti WWF, Wildlife Conservation Society, Conservation International, dan sebagainya.

Antropologi

Antropologi  merupakan ilmu yang mempelajari tentang manusia. Cakupannya terkait budaya, perilaku, dan keanekaragamannya. Sehingga jurusan ini cocok buat kamu yang memiliki ketertarikan pada kehidupan manusia beserta keragamannya. Prospek dalam jurusan ini adalah dosen, jurnalis, peneliti, konsultan, Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Astronomi

Astronomi
Sumber: WikiImages from Pixabay

Mungkin banyak yang menganggap jurusan ini berkaitan dengan ilmu perbintangan atau ramalan bintang. Namun, ternyata salah lho, karena di jurusan ini kamu akan mempelajari benda-benda langit. mulai dari  planet, bintang, nebula, gugus bintang, komet, galaksi, bahkan fenomena yang terdapat di luar bumi.

Selain itu, astronomi juga mempelajari asal-usul, sifat kimia dan sifat fisika, hingga pergerakan benda langit. Bahkan prosepknya sangat menggiurkan yaitu menjadi astronot. Namun, kamu juga bisa menjadi peneliti dan bidang pengembangan, dosen, hingga pegawai di instansi pemerintah maupun non pemerintahan. Akan tetapi, jurusan ini masih tersedia di ITB saja.

Baca Juga :  5 Alasan Harus Menyukai Pelajaran IPA

Baca juga: 5 Sekolah Mewah di Jakarta

Jurusan yang sepi peminatnya bukan karena jurusan tersebut tidak bagus. Tetapi, di jurusan tersebut perlu keterampilan yang lebih sehingga tidak semua orang bisa masuk di jurusan tersebut. Nah, buat kamu yang merasa memiliki kemampuan di salah satu jurusan di atas bisa mencoba peluang di jurusan di atas. Semangat!

Artikel Terkait

Bagikan: