Jangan Tidur Dekat Smartphone, Berbahaya

Ani Rufaidah

bahaya tidur dekat ponsel-hallosehat.com

Di era serba digital sekarang ini, tidak heran lagi jika kebanyakan orang sulit lepas dengan smartphonenya. Bagi sebagian orang Smartphone saat ini mungkin sudah dikategorikan kedalam kebutuhan “primer”.

Sangat kecil kemungkinannya jika satu hari saja orang tidak menggunakan smartphone. Dari awal bangun tidur hingga tertidur lagi selalu bersama smartphone. Tapi, tahukah kamu, diam-diam banyak bahaya yang mengintai kesehatanmu karena smartphone kesayanganmu. Nah, berikut ini penjelasannya

Menurut pernyataan dari Dr. Devra Davis dalam daily.uk.co tidak disarankan seseorang menggunakan ponsel secara langsung atau terlalu dekat dengan kita.

Terutama ketika tidur letak ponsel minimal harus berjarak sekitar satu lengan dari posisi tidur kita. Pernyataan  ini juga disetujui oleh beberapa vendor produsen smartphone.

Ponsel jenis apapun mengirimkan informasi melalui sinyal yang dapat mengekspos radiasi, jika terpapar secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu dapat membahayakan kesehatan tubuh kita.

Beberapa bahaya yang disebabkan karena tidur berdekatan dengan ponsel diantaranya dapat mengurangi kualitas tidur seseorang bahkan dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalan tubuh.

Tidur adalah istirahat yang paling baik untuk tubuh, setelah seharian beraktivitas. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai bahaya tidur berdekatan dengan ponsel

Mengurangi Kualitas Tidur Bahkan Dapat Membuat Penggunanya Insomnia

illustrasi by : bbc.uk

Apakah kamu pernah tidur dengan waktu tidur yang benar yaitu tujuh sampai delapan jam dalan semalam, kemudian ketika terbangun yang  kamu rasakan bukannya segar dan fit tetapi malah lemas dan mengantuk.

Nah, kemungkinan ini terjadi karena kamu tidak memiliki kualitas tidur yang baik, atau mungkin kamu tertidur dalam keadaan memegang ponselmu.

Menurut penelitian, ponsel dengan berbagai jenis dan type apapun dapat mengeluarkan radiasi elektromagnetik, yang dapat mengganggu peredaran aliran darah. Nah, mulai dari sekarang biasakan tidak memegang ponsel ketika tidur ya. Letakan ponselmu di dalam lemari atau di tempat yang jauh dari posisi tidurmu ya

Baca Juga :  5 Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Mengganggu Sel dalam Tubuh

Sel dalam tubuh yang terganggu dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker. Menurut penelitian  smartphone dapat menyebabkan pembelahan sel dalam tubuh menjadi rusak.

Menurut WHO radiasi ponsel dapa berpengaruh terhadap susunan saraf manusia.  Usahakan tidak bersentuhan langsung dengan ponsel atau smartphonemu.

Beberapa Kasus dapat menyebabkan Smartphone meledak bahkan terbakar

Mungkin kejadian seperti ini jarang sekali terjadi. Tetapi untuk menghindari bahaya lebih lanjut disarankan agar tidak tidur bersama smartphone terlebih menaruhnya didalam selimut sambil mengisi daya.

Mungkin beberapa kasus seperti ini sering tidak diperhatikan dan dianggap sepele. Tetapi untuk menghindari bahaya yang tidak pernah kita tahu ada baiknya kita selalu waspada.

Mungkin saat ini kamu adalah orang yang bekerja dengan smartphone, bahkan kamu memiliki lebih dari satu smartphone. Namun, Anda dapat mengikuti beberapa saran dibawah ini untuk meminimalisir bahaya dari smartphone misalnya menyimpan ponsel atau gadget lainnya ketempat yang jauh dari posisi tidurmu.

kalaupun untuk alarm kamu bisa menggantinya dengan menggunakan alarm jam manual yang tidak memancarkan radiasi, tidak memainkan ponsel diatas jam tidur, usahakan matikan paket data untuk menguangi radiasi dari smartphone hindari terlalu sering mengecek ponsel.

Semoga informasi diatas dapat berguna untuk kamu yang sering menggunakan smartphone. Mulai dari sekarang kita ubah kebiasaan-kebiasaan kecil tentang penggunaan smartphone.

Meskipun jarang di perhatikan oleh kita tetapi ternyata penggunaan ponsel yang salah dapat berakibat fatal untuk tubuh. So, lebih peduli dengan kesehatanmu ya.

Artikel Terkait

Bagikan: