Cara Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Ani Rufaidah

Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. 6 bulan akhir mulai dari pertengahan tahun hingga akhir tahun biasanya di tandai dengan musim penghujan. Hujan terjadi di setiap tempat tanpa dapat kita prediksi.

Ketika musim hujan tiba, jika kita tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, maka tubuh akan rentan terserang penyakit. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan suhu dan kelembapan udara yang cukup drastis.

foto by : statusfan.com

Terutama bagi kamu yang sering beraktifitas diluar ruangan, jangan lupa mempersiapkan diri untuk menghadapi musim penghujan, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit salah satu penyakit yang sering menyerang tubuh adalah virus influenza, batuk dan juga pilek serta penyakit lainnya.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan selama musim penghujan

Selalu sedia payung dan mantel sebelum hujan

Sedia payung sebelum hujan, memang slogan yang paling tepat di musim penghujan ini. Pasalnya kamu tidak akan pernah tahu hujan turun kapan. Bisa saja ketika kamu pergi hari nampak cerah kemudian diperjalanan tiba tiba turun hujan.

foto by : liputan6.com

Untuk menghindari basah kuyup ketika hujan, khusususnya bagi kamu yang sering berpergian menggunakan motor, sedia mantel dan jas hujan  ini penting sekali. Jika tubuh terlalu sering berada dalam keadaan lembab dan dingin dikhawatirkan kamu akan lebih mudah terserang terinfeksi virus batuk dan pilek.

Minum suplemen tambahan

Untuk meningkatkan kekebalan daya tubuh terhadap serangan penyakit terutama dari serangan virus influenza yang sering menyerang tubuh di musim penghujan, kamu bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin tambahan seperti vitamin c yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang dapat membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca Juga :  5 Tips Menghilangkan Bau Mulut
foto by :seruni.id

Vitamin C bisa kamu dapat dari banyak mengonsumsi buah dan sayur. kamu bisa mengonsumsi buah jeruk, mangga dan mengonsumsi sayuran hijau. Menjaga pola makan dan istirahat yang cukup dapat membantu untuk menyeimbangkan kondisi tubuh kamu.

Usahakan segera mandi setelah kehujanan

untuk mengurangi terjadinya infeksi setelah kehujanan ada baiknya kamu segera mandi, lebih baik lagi mandi dengan air hangat. Tambahkan beberapa tetes dettol kedalam bak mandi untuk membunuh kuman yang bisa saja menyerang tubuh kamu.

Selama musim penghujan ada baiknya kamu lebih sering untuk menghangatkan badan. virus akan mudah berkembang pada kondisi yang lembab. Kamu bisa lebih sering minum air hangat, gunakan mantel dan alas kaki ketika berpergian.

Jangan lupa untuk menggunakan Masker

Jika disekeliling kamu banyak yang terserang flu ada baiknya kamu menggunakan masker untuk menghindari penularan virus. Di musim penghujan ketika cuaca dingin dan lembab virus akan dengan mudah sekali berkembang dan menyerang tubuh.

Selain tips diatas, ada satu hal penting lagi yang harus kamu diperhatikan, terutama bagi kamu yang sering berpergian menggunakan kendaraan, cek dan pastikan kondisi kendaraanmu sebelum berangkat, pastikan ban dan rem serta fisik kendaraan lainnya berfungsi dengan baik. Hal ini untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Karena kondisi di jalan mungkin akan lebih licin.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kamu selama musim hujan. Jangan lupa untuk selalu berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat ya. Ketika kondisi cuaca sedang dingin, lebih seringlah untuk menghangatkan badanmu. Mencegah memang lebih baik dari pada mengobati. Semoga bermanfaat.

 

 

Artikel Terkait

Bagikan: