Cara Melacak Handphone yang Hilang

Wasila

Kehilangan handphone tentu saja bisa jadi masalah yang amat pelik bukan? Apalagi sekarang ini berbagai aktivitas banyak sekali ditunjang oleh adanya handphone. Mulai dari sekedar bertukar pesan hingga untuk keperluan bekerja.

Jika kamu saat ini sedang dipusingkan dengan hilangnya handphone, jangan khawatir dulu. Kecanggihan era sekarang ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak handphone yang hilang. Yuk langsung saja simak cara-caranya berikut ya.

Melacak Melalui Email

Melacak Melalui Gmail
Sumber: Kon Karampelas from Unsplash

Setiap handphone sudah pasti punya email beserta akun dari pemilik handphone tersebut. Kamu pastinya juga begitu ‘kan? Nah, untuk melacak handphone yang hilang, kamu perlu masuk ke halaman Gmail terlebih dahulu.

Pastikan setelah berhasil masuk ke akun gmail, kamu mengubah tampilan versi web. Kemudian, pilih ikon bertitik sembilan pada bagian atas sebelah kanan. Pilih ‘Akun Google’ atau ‘Google Account’ dan scroll hingga ke bawah. Lalu, pada opsi Temukan Ponsel Anda, pilih opsi Mulai.

Mulailah untuk memilih handphone milik kamu yang hilang. Masukkan lagi kata sandi dari akun email yang ada di handphone hilang tadi dan klik ‘Temukan.’ Google Maps pun akan muncul, kliklah ‘Tutup’, kemudian pilih handphone mana yang akan kamu lacak.

Untuk mengupdate posisi handphone kamu, klik ikon ‘Refresh’, dengan begitu posisi terbaru handphone kamu akan mulai terbaca. Gimana mudah ‘kan cara yang pertama ini?

Melacak Melalui Google Maps

Melacak Melalui Google Maps
Sumber: MORAN from Unsplash

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan Google Maps untuk melacak handphone yang hilang. Pertama, kamu bisa memulai dengan membuka aplikasi Google Maps di handphone lain. Lalu, klik ikon tiga garis di bagian pojok kiri atas.

Baca Juga :  Inilah Handphone Buatan Indonesia

Baca juga: Harga Sepeda Santa Cruz

Pilihlah menu ‘Location Sharing’ atau ‘Bagikan Lokasi’ dan mulai bagikan lokasi. Pada langkah selanjutnya, kamu akan dihadapkan dengan dua opsi, yaitu pelacakan untuk satu jam atau sampai waktu kamu menon-aktifkan fitur ini.

Berikutnya, kamu perlu mengklik ‘Pilih Orang’ dan isi alamat email serta nomor handphone yang ingin kamu lacak. Lalu, klik ‘Bagikan’ dan ‘Aktifkan’. Dengan begitu, lokasi handphone hilang yang kamu lacak akan terbaca selama 24 jam.

Melacak Melalui Google ADM

Melacak Melalui Google ADM
Sumber: youtube.com

Nah, masih ada cara lain yang bisa kamu tempuh untuk menemukan handphone yang hilang. Caranya dengan memanfaatkan Android Device Manager (ADM) dari Google. Mula-mula, kamu perlu log in dulu ke ADM dengan akun Google yang tersemat pada handphone yang hilang.

Setelah berhasil log in, akan muncul nama-nama handphone yang terhubung dengan alamat email yang kamu gunakan untuk log in. Di sini kamu tinggal melihat kira-kira  handphone kamu berada di lokasi mana.

Hanya saja, fitur ini bisa jadi tidak bisa mendeteksi lokasi handphone jika handphone dalam keadaan mati. Jika begitu, kamu bisa menyimak cara berikutnya ya.

Melacak Handphone Hilang dalam Kondisi Mati

Melacak Handphone Hilang dalam Kondisi Mati
Sumber: Yahdi Romelo from Unsplash

Nah, dengan cara yang satu ini, kamu akan memanfaatkan Google Maps dalam melacak handphone dalam kondisi mati. Pertama, buka apilikasi Google Maps, lalu pilih ikon tiga baris di bagian pojok kiri atas. Pilih opsi ‘Add Account’ atau ‘Tambahkan Akun’.

Setelah memasukkan akun yang ingin kamu lacak, pilih ikon tiga baris di bagian pojok kiri atas lagi dan pilih ‘Your Timeline.’ Pilih ikon kalender untuk melihat lokasi handphone dalam beberapa hari. Fitur ini akan tetap berfungsi meskipun handphone dalam kondisi mati. Jadi, sangat menguntungkan ya.

Baca juga: Inilah Handphone Buatan Indonesia

Baca Juga :  Fakta-Fakta Menarik tentang Game Mobile Legends

Itulah tadi beberapa cara melacak handphone hilang yang bisa kamu coba. Opsi pelacakan di atas bisa kamu jajal satu persatu untuk tahu kira-kira mana cara yang paling berhasil. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Bagikan: