5 Cara Menghilangkan Cegukan

Ani Rufaidah

foto by : faktualNews.co

Setiap orang pasti pernah mengalami cegukan, cegukan ada yang dengan mudah dihentikan, namun tidak sedikit cegukan yang sulit dihentikan.

Cegukan memang bukanlah suatu hal yang berbahaya, namun kehadirannya, sangat mengganggu orang yang mengalaminya. Cegukan atau singultus terjadi ketika pada suatu kondisi orang mengeluarkan bunyi hik tanpa disengaja.

Dilansir dalam liputan6.com, cegukan disebabkan karena tertutupnya pita suara karena adanya kontraksi pada diafragma sehingga menghasilkan bunyi khas yaitu hik hik.

cegukan biasanya terjadi ketika kamu mengonsumsi makanan secara cepat, makan sangat banyak, minuman bersoda dan beralkohol dan sejenisnya. Secara umum, cegukan terbagi menjadi dua yaitu cegukan ringan dan berat.

Untuk kamu yang sering mengalami cegukan cobalah perlahan ubah kebiasaan buruk kamu ketika makan dan ikut 5 tips menghilangkan cegukan dengan mudah, berikut ini :

baca juga :waktu tepat minum air putih

Tahan napas

Meskipun terdengar sedikit aneh, tahan napas adalah cara termudah  dan terampuh untuk menghilangkan cegukan. Menahan napas secara medis dapat meningkatkan kadar karbondioksida dalam tubuh sehingga memungkinkan pita suara kembali terbuka.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menahan napas beberapa detik semampu yang kamu bisa. Maka bunyi hik hik karena cegukan tersebut dipercaya dapat hilang.

Minum air hangat

foto by : idntimes.id

Cara selanjutnya untuk menghilangkan cegukan adalah dengan minum air hangat. Air hangat dipercaya dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke dalam tubuh, sehingga diafragma kamu juga dapat kembali normal.

Caranya cukup mudah, kamu bisa meminum satu gelas air hangat, sambil menahan napas dengan posisi membungkuk selama beberapa detik semampu yang kamu bisa, kemudian tegakkan kembali posisi tubuh masih dengan menahan napas dan keluarkan secara perlahan.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Susu Greenfield yang Menyehatkan Tubuh

Mengeluarkan lidah

Meskipun cara ini sedikit terdengar unik dan aneh, namun mengeluarkan lidah berdasarkan penelitian dapat merangsang saraf vagus dan nasofaring. Saraf ini mempengaruhi otot mulut dan tenggorokan serta mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

Menjulurkan lidah selama beberapa menit dipercaya dapat menghilangkan cegukan. Namun pilihlah tempat yang tepat ya untuk menjulurkan lidah mu, jangan sampai disalah artikan.

Air perasan jeruk nipis

sumber: pixabay

Khasiat jeruk nipis memang sudah tidak diragukan lagi, jeruk nipis tinggi akan kandungan vitamin C yang dapat menghilangkan gangguan pada saraf vagus.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan cegukan cukup mudah, kamu hanya perlu meminum air perasan jeruk nipis secara langsung atau bisa mencampurnya dengan sedikit air. Selalu sedia jeruk nipis dirumah, karena banyak kandungan manfaatnya untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari jeruk nipis.

Mengemut gula

foto by : kumparan.com

Cara berikutnya yang terkenal ampuh dalam menghilangkan cegukan adalah dengan mengemut gula. Gula merupakan salah satu jenis makanan yang dipercaya dapat merangsang otot diafragma. mengemut gula selama 5 menit dapat menghilangkan cegukan dan menstabilkan kembali otot diafragma. Setelah mengemutnya kamu bisa langsung menelan atau mengelurkannya.

baca juga :tips menghilangkan bau badan

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan dengan mudah dan cepat. tetapi yang terpenting adalah kamu harus berusaha menghindari dan tidak melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan cegukan seperti makan terlalu cepat yang dapat membahayakan kesehatan.

Mungkin sudah banyak orang yang menggunakan kelima cara tersebut untuk menghilangkan cegukan, nah kalau kamu biasanya menggunakan cara yang mana untuk menghilangkan cegukan?

Artikel Terkait

Bagikan: