3 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kecantikan

Ani Rufaidah

foto by : pixaby.com

Pisang adalah salah satu buah favorit yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan buahnya yang mudah didapat, membuat pisang menjadi primadona. Selain itu, pisang juga dapat dengan mudah diolah menjadi makanan jenis lain, pasti kamu sering mengonsumsinya seperti pisang goreng, kue pisang, pisang keju dan sejenisnya.

Seorang pakar nutrisi dari San Diego, Amerika Serikat mengungkapkan pisang banyak mengandung vitamin B6 dan B12, serta magnesium dan pottasium, dimana vitamin B6 menjadi nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit, sistem syaraf dan fungsi darah. Jika selama ini kamu hanya mengkonsumsi buah pisang, dan langsung membuang kulitnya.

Tunggu dulu, mulai dari sekarang kamu juga bisa memanfaatkan kulitnya, karena selain buahnya yang memiliki banyak kandungan manfaat, ternyata kulitnya juga tak kalah banyak manfaatnya loh ladies, terutama untuk kecantikan dan penampilanmu, berikut ini diantaranya :

1. Memutihkan Gigi

foto by : merdeka.com

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada kulit pisang dipercaya dapat menghilangkan noda noda pada gigi. Cara untuk menggunakan kulit pisang untuk memutihkan gigi cukup mudah hanya perlu menyiapkan beberapa lembar kulit pisang, lalu dipotong kecil-kecil, kemudian haluskan.

Lalu, tambahkan 2 sdm baking soda dan minyak kelapa kedalam kulit pisang yang sudah dihaluskan. Lalu aduk hingga membentuk pasta, kemudian sikat pada gigimu, seperti kamu menyikat gigi dengan odol.

Lakukan perawatan ini beberapa kali dan lihat perbedaannya. Cukup mudah kan ladies, mulai dari sekarang jangan langsung buang kulit pisang ke tempat sampah ya.

2. Menghilangkan Jerawat

foto by: hallosehat.com

Selain memutihkan gigi, kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit pisang dipercaya mampu menyembuhkan jerawat pada kulit wajahmu. Selain itu kulit pisang juga mampu mengangkat sel sel kulit mati yang dapat memicu tumbuhnya jerawat kembali di kulitmu.

Baca Juga :  5 Cara Alami Hilangkan Noda Bekas Jerawat Dengan Cepat

Cara menggunakannya cukup mudah ladies, kamu hanya butuh beberapa lembar kulit pisang, lalu gosokan bagian dalam kulit pisang ke area sekitar wajahmu yang berjerawat, hingga kulit pisang berubah warna menjadi kehitaman. ulangi beberapa kali, setelah digosok biarkan wajah selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin hingga bekas jerawat hilang ya ladies.

3. Menghilangkan Kerutan di Wajah

Kandungan antioksidan dalam kulit pisang juga dipercaya dapat mengurangi kerutan dan keriput di wajah. Selain itu kulit pisang mampu melembabkan wajah sehinga dapat mencegah kerutan.

Cara untuk menggunakan kulit pisang sebagai masker anti kerut, yaitu kamu cukup menghancurkan kulit pisang dan mencampurkannya dengan kuning telur. Setelah menjadi masker kulit pisang, oleskan pada bagian wajah dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

So, mulai dari sekarang jangan langsung membuang kulit pisang ke tempat sampah ya ladies karena manfaat kulit pisang sangat banyak, terutama untuk merawat kecantikan kulit dan memutihkanvgigimu.

Jangan lupa juga untuk memakai dan pisang organik untuk menghindari penggunaan pestisida dan insektida pada kulit pisang. Selain untuk kecantikan, kulit pisang juga dipercaya mampu menyembuhkan bekas luka dan melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet.

Kamu bisa mengoleskan kulit pisang diarea sekitar mata, sebelum terpapar sinar matahari, hal ini dipercaya dapat mengurangi resiko katarak pada mata ladies.

Nah, itu dia segudang manfaat dari kulit pisang, tidak hanya buahnya yang bisa dikonsumsi, ternyata kulitnya juga mengandung banyak manfaat. Untuk dijadikan sebagai perawatan kecantikan, ladies perlu  melakukan perawatan secara rutin ya untuk hasil yang terbaik. jadi, masih mau membuang kulit pisang?

Baca Juga :  6 Cara Merawat Kuku Secara Alami

Artikel Terkait

Bagikan: