Tips Perawatan Wajah Tanpa Skincare Mahal, Gunakan Bahan Alami Ini

Ani Rufaidah

Aktivitas yang kita lakukan baik diluar maupun didalam ruangan tanpa disadari sering kali menimbulkan masalah terutama pada kulit wajah. Paparan sinar ultraviolet maupun polusi yang kian meningkat membuat wajah terlihat kusam dan berjerawat.

Banyak diantara kita yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli berbagai macam  produk skincare untuk menghindari masalah tersebut.

Namun tahukah kamu banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah tanpa harus repot dan menguras kantong. Untuk kaum hawa jangan khawatir Ini dia 5 bahan alami yang bisa digunakan sebagai “skincare” wajahmu.

Perawatan Wajah Tanpa SkinCare Mahal
Perawatan Wajah Tanpa SkinCare Mahal – foto jatim.tribunnews.com

Jeruk Nipis

Bahan yang satu ini selain digunakan sebagai pelengkap  kuliner ternyata dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit wajahmu. Kandungan vitamin C dan anti oksidan pada jeruk nipis dapat menghambat proses penuaan dini, mencerahkan kulit serta menghilangkan noda hitam dan jerawat.

Caranya mudah dengan mengiris jeruk nipis dan mengoleskannya pada wajah diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat, lakukan secara rutin ya guys.

Teh

Teh yang sering kita minum ternyata dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit wajahmu loh. Kandungan tanin pada teh dapat menjadi anti aging kulit dan membuatmu awet muda.

Caranya mudah diamkan teh tawar kental semalam dan oleskan pada wajahmu tunggu sampai mengering. Jangan lupa untuk membilas wajah dengan air hangat untuk membuka pori dan air dingin untuk menutup kembali pori pori.

Madu dan Putih Telur

Madu yang dihasilkan oleh lebah dan serangga dari nektar bunga ini sejak dulu memiliki banyak manfaat. Tidak hanya enak dicampur dengan makanan, madu memiliki zat antioksidan yang dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas.

Baca Juga :  Cara Membuat Pommade Sederhana

Radikal bebas dapat menyebabkan kulit kusam, berkeriput, bahkan kanker. Sementara dalam putih telur mengandung kolagen yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan lembut.

Untuk menjadikannya sebagai masker cukup mudah, bersihkan wajah dengan air hangat lalu oleskan madu dan juga putih telur ke seluruh wajah, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori pori. Jangan lupa untuk memilih madu yang asli tanpa campuran bahan kimia.

Mentimun

Manfaat Timun untuk Skin Care
Manfaat Timun untuk Skin Care – foto cosmogirl.co.id

Mentimun (cucumber) mengandung Silika yang merupakan zat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Didalam mentimun juga terdapat asam askorbat dan caffeic yang mampu mencegah tubuh kehilangan air.

Ekstrak mentimun juga banyak digunakan sebagai obat pada pembengkakan kulit dan iritasi dari paparan sinar matahari.

Untuk menggunakan timun sebagai perawatan wajah kamu hanya perlu memblender atau memarutnya lalu jadikan timur sebagai masker, diamkan kurang lebih 15 menit dan bersihkan dengan air hangat.  Mudah dan ngga ribet.

Tomat

Tanaman yang sering disebut sebagai buah dan juga sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kulitmu. Kandungan likopen pada si merah ini merupakan senyawa tumbuhan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet.

Tomat  juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo yang menumpuk di wajahmu. Untuk menjadikan tomat sebagai skincare alami wajahmu, caranya gampang banget, kamu hanya perlu mengiris tomat dan menempelkannya di sekitar  wajahmu, terutama di area yang berjerawat ya. Lakukan secara rutin untuk hasil yang terbaik

Mulai dari sekarang, kamu bisa melakukan perawatan dengan skincare alami secara rutin dirumah. Tanpa harus mengeluarkan budget banyak dan anti ribet karena bahan-bahannya sangat mudah bisa didapatkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :  Tips Sederhana Merawat Kuku Agar Tetap Cantik dan Sehat

Artikel Terkait

Bagikan: