Tips Membedakan Skincare Asli Atau Palsu, Jangan Tertipu

Ani Rufaidah

foto by : Glitzmedia.co

Beberapa tahun ini, tengah marak dengan adanya skincare palsu yang beredar di pasaran. Bukan hanya orang biasa saja ladies yang sulit membedakan skincare asli atau palsu. Bahkan public figure sekalipun yang harusnya lebih aware juga ikut tertipu. Padahal, untuk sebagian kaum hawa skincare bisa menjadi salah satu kebutuhan primer loh ladies.

Tapi untuk kamu, mulai saat ini jangan sampai tertipu ya hanya karena harga skincare yang murah tapi membahayakan tubuh, harus lebih teliti dan hati-hati, pastikan keamanan dan keaslian produk yang kamu gunakan. Berikut ini ada beberapa cara untuk membedakan skincare asli atau PALSU, berikut penjelasannya

Sebelum menggunakannya, ada baiknya kamu cek tempat kamu membeli produk

Jika kamu membeli di toko offline, pastikan kamu membeli skincare ditempat yang terpercaya misalnya di distributor resmi, dsb.  Teliti keaslian produk, jangan asal membeli karena terpengaruh oleh harganya yang lebih murah.

Atau jika kamu memang membeli produk skincare secara online, kamu bisa memastikan keaslian produknya dulu sebelum menggunakannya.

Biasanya untuk pemasaran online, banyak mengendorse public figure, dimana biasanya mereka sudah meneliti produk yang mengendorsenya telebih dulu agar masyarakat juga tidak tertipu, tetapi ini belum tentu menjamin ya ladies, karena nyatanya masih ada saja public figure tertipu.

Perhatikan, apakah ada zat berbahaya dalam produk skincare

foto by: Asset.kompas.com

Kamu  harus teliti, baca kandungan yang terdapat dalam produk skincare yang kamu gunakan apakah ada kandungan zat kimia yang berbahaya. Belum lama ini BPOM meliris 5 kandungan bahan berbahaya yang terdapat dalam produk skincare atau kosmetik lainnya yang perlu kamu waspadai berikut ini:

  1. Hidroquinone yang dapat menyebabkan kanker dan merusak DNA
  2. Merkuri yang dapat menyebabkan iritasi kulit,muntah dan diare jika digunakan dalam jangka pendek dan dapat merusak ginjal, kanker dan teratogenik (gangguan perkembangan janin) jika terakumulasi jangka panjang wah bahaya sekali ya ladies. Produk yang mengandung merkuri ini biasanya digunakan untuk produk pencerah kulit secara instan
  3. Senyawa Antimony yang dapat mengganggu saluran pernapasan, pencernaan bahkan kanker
  4. Pewarna merah K10 yang dapat mengakibatkan kanker hati
  5. Belum adanya komposisi yang jelas
Baca Juga :  Makeup Untuk Efek Bibir Tebal

Selain memperhatikan kandungan produk, jangan sampai tertipu juga dengan produsen skincare abal abal yang meniru produk skincare aslimu

Ladies harus memperhatikan betul keaslian produk. Cek selalu kemasan, tekstur, warna dan ciri fisik lainnya produk skincare yang kamu beli, bahkan kalau perlu bandingkan dengan gambar di website aslinya. Kalau kamu adalah konsumen yang loyal pasti kamu bisa membedakan produk ASLI dan PALSU.

Pastikan produk kamu memiliki izin edar, tanggal expired dan khusus untuk kamu yang beragama Islam perhatikan juga kehalalan produk ya

Ini penting ladies, kamu bisa melihat produk skincare kamu aman atau tidak melalui izin edar yang terkandung didalam produk, kamu bahkan bisa mengecek di website langsung.

Untuk ladies yang beragama Islam penting juga untuk memperhatikan kehalalan produk skincare yang kamu gunakan, jangan sampai mengandung bahan-bahan yang diharamkan. Perhatikan juga tanggal expired produk karena jika bahannya sudah sesuai tapi sudah expired, tetap berbahaya bagi kesehatan.

So, itulah beberapa cara untuk memastikan keaslian produk skincare kamu, jangan sampai produk yang kamu beli dengan uang yang tidak sedikit malah membahayakan kesehatanmu. Tetap jadi konsumen yang cerdas, jangan mudah tergiur dengan diskon dan harga yang murah ya. Be aware, Jangan sampai tertipu ya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan: