Merawat Tas Sebagai Investasi

penampilan

Seperti halnya sepatu dan jam tangan, tas merupakan barang investasi selain dijadikan sebuah koleksi lemari kamu. Nantinya, sebuah tas bisa dijual kembali dengan kata lain, merawat tas bisa dikatakan sebagai bentuk investasi. Semakin bagus kondisi tas, semakin tinggi nilai jualnya. Maka dari itu, selain untuk menjaga estetika tas tersebut, merawat tas juga diperlukan untuk tetap menjaga nilai jual. Pastinya kamu tidak ingin kan tas yang kamu beli dengan harga yang tidak murah rusak karena tidak dirawat? Nah, berikut cara merawat tas kamu agar tetap indah.

  1. Membersihkan

Cara membersihkan tas sangat mudah. Cukup mengusap bagian yang kotor dengan kain halus yang sudah dibasahi oleh cairan khusus untuk tas kulit. Untuk brand-brand tertentu, seperti Mulberry dan Bally, memiliki tata cara membersihkan tersendiri. Tanyakan kepada pelayan toko bagaimana tata cara membersihkan tas yang kamu beli ya, karena setiap merk memiliki metode yang berbeda. Jika hal tersebut tidak membantu, kamu bisa pergi ke jasa pencucian tas profesional.

  1. Conditioner

Memberi pelumas di tas kulit kamu bisa menghindarkan tas dari keriput dan pengelupasan. Beri conditioner pada tas kulit sebulan sekali agar selalu terlihat berkilau. Caranya dengan menuangkan sedikit cairan conditioner pada kain halus, kemudian usapkan di permukaan material kulit secara merata. Setelah itu, tunggu 10 menit, kemudian usap material kulit dengan kain kering. Keringkan tas dengan meletakkannya di suhu kamar. Hindari pengeringan memakai hairdryer karena dapat menyebabkan keretakkan material bahkan pengelupasan.

  1. Anti air

Beberapa tas tidak memiliki material dengan daya tahan yang kuat. Kerusakan material bisa terjadi karena beberapa hal, seperti terkena air hujan. Untuk mencegah kerusakan tas karena terkena air, kamu bisa menggunakan semprotan anti air untuk perlindungan yang sama sekali tidak merubah bentuk dan tampilan tas karena wujudnya yang tak kasat mata.

  1. Menyimpan

Teknik penyimpanan sangat penting dilakukan untuk memperpanjang usia tas. Simpan tas kulit kamu di kotak tas, dan isi tas dengan kertas untuk mengisi ruang tas. Jangan menggunakan koran! Karena akan menyebabkan bau. Gunakan silica gel agar tas kulit tidak lembab dan keluarkan tas dari ruang penyimpanan 2 minggu sekali untuk mencegah perkembangan jamur.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Tas Pria Yang Perlu Kamu Tahu

Nah itu dia kiat yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tas kulit kamu tetap awet. Untuk tas kulit yang sudah “berumur”, kamu bisa pergi ke tempat yang menyediakan jasa pengecatan ulang tas untuk mengembalikan warna tas kulit kamu agar terlihat seperti baru. Selain terlihat baru, juga bisa mengembalikan nilai jual tasmu lho.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags