Cara Merawat Rambut Secara Alami

 

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Rambut sehat dan terawat adalah idaman bagi setiap wanita. Maka tak heran jika penampilan rambut sangat memengaruhi penampilan. Untuk mendapatkan penampilan yg memuaskan, tak jarang wanita kerap mengubah gaya rambut mulai dari lurus, keriting, pewarnaan rambut, dan lain-lain. Namun sayangnya mengubah gaya rambut terlalu sering akan membuat rambut menjadi rusak. Tentunya kamu tidak mau kan rambut sehatmu menjadi rusak? Tidak perlu mahal-mahal pergi ke salon untuk perawatan rambut, kamu juga bisa kok merawat rambut di rumah. Yuk simak apa saja cara untuk merawat rambut cantikmu:

1. Mencuci rambut secara teratur

Rambut bersih tentunya akan meminimalir masalah pada rambut. Namun perlu diingat jangan mencuci rambut secara berlebihan. Mencuci rambut sebaiknya dilakukan minimal 2 hari sekali dan maksimal 3 hari sekali. Mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami pada rambut dan membuat rambutmu menjadi kering. Sedangkan mencuci rambut terlalu jarang akan membuat rambut menjadi lepek, berminyak, bau dan berketombe.

2. Menyisir rambut

Menyisir rambut sangat penting agar rambut terhindar dari kusut. Selain itu, menyisir rambut juga dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Menyisir rambut sebaiknya dilakukan pada ujung-ujung rambut terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar meminimalir rambut rontok akibat kusut. Jika kamu menyisir rambut langsung dari atas ke bawah, rambut rontok akan semakin banyak, pastinya kamu tidak mau hal ini terjadi pada rambutmu kan?

3. Rapikan ujung rambut

Apakah rambut kamu bercabang? cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan rajin memotong ujung rambut. Jangan takut rambut menjadi pendek karena jika hal ini tidak kamu lakukan, cabang pada rambut akan merambat ke rambut bagian atas. Untuk memotong rambut bercabang, kamu harus menggunakan gunting yang tajam karena gunting tumpul hanya akan memperparah rambut yang bercabang.

4. Pilih shampoo yang tepat

Memilih shampoo yang tepat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena kamu perlu mencoba berbagai produk shampoo hingga mendapatkan yang sesuai dengan rambutmu. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa shampoo memerlukan waktu hingga 2 minggu untuk beradaptasi dengan rambut. Sehingga tak jarang banyak yang bergonta-ganti shampoo dalam waktu singkat karena merasa tidak cocok. Hal ini justru membuat rambut terkena berbagai macam produk dalam waktu singkat dan dapat berpengaruh pada kesehatan rambut itu sendiri. Sabar sedikit ya Ladies, beri sedikit waktu untuk shampoo beradaptasi dengan rambutmu.

5. Minyak almond

Kandungan yang terdapat dalam minyak almond dapat melembapkan dan melembutkan rambut kering dan kusam. Cara menggunakan minyak almond adalah panaskan terlebih dahulu sekitar 40 menit. Setelah panas minyak mulai reda, aplikasikan pada rambut. Diamkan 20-30 menit lalu bilas menggunakan shampoo dan air.

6. Cuka apel

Tahukah kamu bahwa cuka apel dapat digunakan untuk merawat rambut? Kandungan yang terdapat di dalam cuka apel ternyata berguna untuk menambah volume rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut lepek walaupun setelah keramas, dapat menggunakan bahan alami ini. Cara penggunaannya adalah campurkan cuka apel dan air hangat dengan perbandingan 1:1. Lalu, sirami pada rambut dan diamkan selama 5 menit. Kemudian cuci rambut dengan air hingga bau cuka hilang.

Setiap orang memiliki permasalahan rambutnya masing-masing. Cara-cara di atas dapat diaplikasikan untuk merawat berbagai macam masalah pada rambut. Yang terpenting adalah kenali kondisi rambutmu, dengan begitu pastinya kamu dapat mengetahui langkah apa yang harus diambil untuk mengembalikan rambut sehat dan terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *