Cara Tepat Membersihkan Kuas Makeup

Kita

Cara Tepat Membersihkan Kuas Makeup

Belanja peralatan makeup boleh saja. Apalagi mulai menyicil membeli brush set atau kuas makeup agar pengaplikasian makeup lebih sempurna dan tampak profesional. Namun kebersihan kuas makeup jangan lupa diperhatikan. Semakin sering Anda menggunakan kuas, maka semakin banyak partikel-partikel makeup yang menumpuk pada kuas. Apalagi pasti Anda tahu bahwa setiap produk makeup punya tanggal kedaluwarsa.

Terbayang bukan apa jadinya jika kuas makeup tidak dibersihkan? Kulit Anda bisa iritasi atau justru jerawatan loh! So, Mulailah mencuci kuas dalam kurun waktu tertentu. Berikut panduan membersihkan kuas makeup yang tepat dan mudah.

1. Basahi Kuas dengan Air

Cara Tepat Membersihkan Kuas Makeup

Pertama-tama isilah gelas dengan air hangat. Pastikan kondisi air hangat dan tidak terlalu panas karena suhu panas dapat merusak lem perekat helaian kuas. Kemudian, rendam helaian kuas, tidak perlu sampai gagangnya.

2. Gunakan Cairan Pembersih Kuas atau Sabun Bayi

Anda dapat membersihkan kuas dengan pembersih khusus untuk kuas makeup atau menggunakan sabun bayi yang ringan. Berikut dua cara membersihkannya :

  • Cara 1 : Masukkan cairan pembersih atau sabun bayi ke dalam gelas berisi air. Kemudian, perlahan-lahan celupkan helaian kuas ke dalam gelas tersebut selama 30 menit. Pastikan semua sisa-sisa makeup telah keluar dari kuas dengan melihat perubahan warna air dalam gelas keruh.
  • Cara 2 : Menaruh sabun bayi secukupnya pada telapak tangan dan menggosokkannya secara lembut dan merata. Ambil kuas, lalu buat gerakan memutar sampai muncul busa hingga kuas sudah dirasa bersih.
Baca Juga :  Yuk, Buat Wax Kaki Sendiri!

3. Bilas Kuas dengan Air

Setelah proses pembersihan selesai dan semua sisa makeup serta kotoran luruh dari kuas, bilaslah kuas dengan air dingin. Pastikan sudah tidak ada busa yang menempel di kuas ya! Setelah itu ambil air dingin bersih ke dalam gelas, dan rendam kuas selama 15 menit.

4. Peras dan Keringkan

Pertama-tama peras menggunakan tisu atau handuk lembut sampai tidak ada sisa air. Kemudian, letakkan kuas di ujung meja dengan posisi helaian kuas menggantung. Beri alas handuk kering, dengan begitu sisa air pada kuas akan diserap oleh handuk. Diamkan sampai kuas benar-benar kering.

Sebaiknya Anda mulai rutin membersihkan kuas make up setiap minggu atau setiap bulan. Agar tidak repot, Anda bisa juga menggunakan micellar water atau cleansing water yang bisa dipakai untuk membersihkan kuas secara cepat. Ingat, menjaga kebersihan kuas makeup sangat penting agar wajah tetap sehat dan cerah lho.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags