5 Manfaat Buah Bacang Untuk Kesehatan

Ani Rufaidah

foto by : khasiatsehat.com

Sekilas penampakan buah bacang memang mirip dengan mangga. Mungkin masih banyak orang yang belum bisa membedakannya.

Bacang atau buah yang bernama latin Mangifera Foetida Lour adalah buah khas Indonesia dan masih satu kerabat dengan mangga.

Buah yang memiliki rasa asam manis ini memang cocok dijadikan rujak atau menjadi pelengkap dalam semangkuk es buah.

Tidak kalah dari mangga, buah bacang ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kandungan air, vitamin C, vitamin B1, vitamin A, fosfor dan protein.

Berikut ini 5 manfaat buah bacang untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui :

baca juga : manfaat temulawak

1. Melancarkan sistem peredaran darah

foto by : wowkeren.com

Bacang termasuk salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, dimana setiap 100 gram bacang matang, mengandung sekitar 70 gram air yang dibutuhkan oleh tubuh.

Maka dari itu, sering mengonsumsi buah bacang dipercaya dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh sebab lebih dari 80 persen kandungan darah mengandung air.

2. Sumber energi

foto by : tamanmain.com

Manfaat berikutnya dari buah bacang yaitu sebagai sumber energi. Dalam setiap 100 gram bacang mengandung lebih dari 90 kkal kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain tinggi kalori, buah bacang juga rendah lemak dan memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga menjadikan bacang ini menjadi alternatif sumber makanan untuk kamu yang sedang menjalankan program diet sehat.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

foto by : hallosehat.com

Manfaat berikutnya yang bisa kamu dapatkan dari buah bacang adalah buah ini mengandung zat antioksidan alami yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Baca Juga :  5 Manfaat Telur Bebek Untuk Kesehatan

Antioksidan tersebut didapat dari kandungan vitamin c yang tinggi yang terdapat pada buah bacang.

Selain itu bacang juga mengandung air yang cukup tinggi sehingga akan membantu proses penyerapan manfaat zat besi secara optimal sehingga daya tubuh akan lebih kuat terhadap serangan penyakit.

4. Menjaga kekuatan tulang

Menurut penelitian buah bacang mengandung kalsium dan fosfot yang berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Seperti diketahui, fosfor dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan otot dan saraf bahkan membantu mengoptimalkan fungsi dari pada ginjal.

Tidak kalah dengan mangga, bacang ini memang memiliki segudang manfaat. Jadi, jangan sampai rugi karena belum pernah mencicipi buah yang satu ini.

5. Mencerahkan dan menyehatkan kulit

foto by : goldokter.com

Kandungan air yang cukup tinggi yang terdapat pada buah bacang sama baiknya dengan kandungan vitamin E untuk kulit.

Kandungan air pada buah bacang dipercaya dapat mencerahkan kulit dan mencegah terjadinya keriput dan garia halus pada kulit wajah.

Tips

Ketika hendak mengonsumsi buah bacang jangan lupa untuk mencuci bersih buah agar getah yang ada pada bacang dapat hilang sebab jika getah bacang terkena mulut atau kulit dapat menyebabkan gatal gatal atau alergi.

Maka dari itu, sebelum dikupas usahakan getah-getah yang ada pada buah hilang.

Selain itu, untuk menjaga kandungan air pada buah bacang agar tetap tinggi, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara dibuat jus atau dimakan langsung agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh.

baca juga : manfaat kulit pisang

Itulah 5 manfaat dari buah bacang yang tidak boleh kamu lewatkan, selain rasanya yang menyegarkan ternyata bagian pohon dari buah mangga juga bisa dimanfaatkan.

Seperti kayunya juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung pekerjaan konstruksi dan biji dari buah bacang ini dipercaya dapat mengatasi penyakit kulit seperti jamur, kudis dan sejenisnya.

Baca Juga :  5 Cara Menghilangkan Cegukan

Artikel Terkait

Bagikan: