Pentingnya Olah Tubuh bagi Pemain Drama

Kita

Sebagai seorang pemain drama, manfaat melakukan olah tubuh adalah untuk kelenturan dan kelincahan dalam bermain drama.

Maka dari itu, kesehatan fisik dan olah tubuh merupakan pondasi bagi gerak yang dilakukan seorang pemain di atas panggung. Dengan melakukan olah tubuh, Anda akan mendapatkan kondisi tubuh yang maksimal dalam bermain drama. Olah tubuh sangat baik untuk melatih otot-otot Anda agar elastis, lentur, dan tidak cedera dalam latihan dan bermain drama.

 

Pelaksanaan latihan olah tubuh

Sebelum memulai latihan olah tubuh, persiapkan diri dengan memakai pakaian yang lentur (berbahan kaus) dan memudahkan pergerakan tubuh dalam melakukan peregangan. Kemudian, mulai resapi segenap panca indera yang kita punya. Aktifkan segenap panca indera untuk memahami keadaan seluruh tubuh Anda, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Yuk, mulai gerakkan tubuh!

  1. Lemaskan seluruh tubuh agar terasa rileks.
  2. Lenturkan otot-otot wajah dengan melakukan berbagai mimik yang ekstrem. Misalkan saja Anda dapat membuat mimik marah, kaget, dan gembira yang maksimal. Otot wajah akan lentur dan siap untuk segala macam ekspresi yang ditampilkan.

  1. Hadapkan kepala kearah kanan, kiri, dan atas. Setiap arahnya hitung sebanyak delapan detik.

  1. Putar bahu secara bersamaan ke depan lalu kemudian ke belakang sebanyak masing-masing delapan kali.

  1. Rentangkan tangan serta membuka kaki hingga sejajar dengan lebar bahu Anda. Kemudian putar pergelangan tangan, dan putar batas siku Anda.

  1. Putar pinggang dengan gerakan memutar dari arah kanan sebanyak delapan putaran, dan memutar dari arah kiri sebanyak delapan kali putaran.

  1. Angkat kaki kanan dan cobalah untuk membuat posisi tubuh Anda tetap stabil dan tenang agar tidak jatuh. Regangkan kaki kanan ke depan dan ke belakang. Kemudian, putar pergelangan kaki kanan. Lakukan gerakan tersebut sama halnya untuk kaki kiri.
Baca Juga :  Lenong, Teater Rakyat yang Menyentuh Rasa

  1. Sebagai pembuka dan penutup olah tubuh ini, lakukanlah lari-lari kecil di tempat agar tubuh cukup panas untuk memulai peregangan.

 

  1. Anda dapat melakukan variasi olah tubuh lain dengan berbagai macam carayang berguna baik kelenturan tubuh secara keseluruhan. Misalkan saja melakukan posisi sit up, push up, dan lainnya.

Semakin banyak olah tubuh yang bermanfaat, maka akan semakin siap tubuh Anda terhadap segala bentuk gerakan yang akan dilakukan.

 

Lakukan tahapan olah tubuh tersebut setiap sebelum dimulai latihan dan pementasan agar tidak cedera, dan tubuh siap menerima segala macam gerakan saat bermain drama. Selain berguna untuk pemanasan tubuh dalam bermain teater, olah tubuh ini juga baik bagi kesehatan loh!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags