Inilah Cara Membuat Buku Harian Bernuansa Scrapbook

Kita

 

Buku harian dengan desain sederhana, dengan tali sebagai pengikat dan bernuansa etnik seperti scrapbook memang tengah diminati. Buku semacam itu dianggap unik dan biasanya dijadikan media untuk menuliskan segala kegiatan hingga isi hati.

Sayangnya, buku harian dengan konsep scrapbook semacam itu dijual dengan harga yang cukup mahal padahal dengan tebal yang tak seberapa. Daripada “merogoh kocek” dalam-dalam, mengapa tidak membuat sendiri saja? Caranya pun mudah dan bahan-bahannya pun terjangkau lho! Mari kita lihat yuk caranya di bawah ini.

 

Bahan-bahan:

 

  • Obeng atau bor listrik
  • Karton/kardus
  • Kertas pelapis karton/kardus (bisa berupa kertas daur ulang, asturo atau HVS)
  • Lem putih
  • Kertas pengisi buku (bisa berupa kertas daur ulang, asturo atau HVS)
  • Pembolong kertas
  • Tali rami
  • Penghias tambahan (stiker, kertas, dan bahan lain sesuai keinginan kamu)

 

  1. Potong karton/kardus

 

Potong dua buah karton/kardus sesuai dengan ukuran buku yang kamu inginkan. Ingat, samakan ukuran kedua karton karena keduanya berfungsi sebagai bagian pembuka dan penutup buku. Untuk buku yang lebih kuat, gunakan karton yang bahannya tebal ya!

 

  1. Lapisi karton dengan kertas

 

Langkah ini sebetulnya tidak wajib untuk kamu lakukan. Namun, jika kamu ingin melapisi karton, maka balurkan lem pada karton dengan menggunakan kuas agar lem teraplikasikan secara merata. Kemudian, lapisi bagian belakang dan depan karton dengan kertas yang telah disediakan.

 

  1. Potong kertas pengisi buku

 

Setelah selesai dengan karton, potong kertas-kertas yang akan kamu gunakan sebagai pengisi buku. Potong dengan rapi dan rata supaya ukurannya sama dan jangan melebihi ukuran karton. Akan lebih baik kalau lebar dan panjangnya sedikit lebih pendek 1 cm dari karton.

Baca Juga :  Properti Teater: Menyingkap Keindahan dan Pesona Panggung

Untuk kertas pengisi buku, gunakan HVS putih dan juga beberapa HVS warna sebagai penghias agar buku harian terlihat lebih menarik.

 

  1. Lubangi karton

 

Buat dua lubang di bagian pinggir karton pembuka dan penutup buku dengan menggunakan obeng. Jika kesulitan, kamu bisa gunakan bor listrik agar lubang lebih rapih.

Ratakan lubang di bagian pembuka dan penutup, jangan sampai ukuran dan jaraknya berbeda ya! Karena akan menyulitkan kamu saat memasukkan kertas dan merangkai buku nantinya.

Kemudian, lubangi juga kertas pengisi buku dengan jarak dan ukuran lubang yang sama dengan karton dengan pembolong kertas.

 

  1. Ikat buku dengan tali rami

 

Susun dan rapihkan karton beserta isian buku, kemudian Anda ikat dengan tali rami. Caranya adalah masukkan tali lewat lubang bagian atas dan kembali masukkan tali lewat bagian belakang lubang, lalu ikat tali tersebut hingga berbentuk pita.

Cara lainnya adalah potong dua buah tali rami dengan ukuran sama. Masukkan dan guling tali di lubang bagian atas berulang kali hingga tali hanya tersisa sekitar 3 cm, kemudian buat simpul mati. Lakukan hal yang sama dengan tali kedua, pada lubang bagian bawah buku.

 

  1. Hias buku

 

Langkah terakhir adalah menghias buku sesuai dengan keinginan kamu. Lekatkan stiker, kertas, hiasan daun atau apapun yang diinginkan (baik di bagian sampul maupun isian buku).

Jika kamu senang menggambar, bisa juga menghias buku ini dengan gambar kamu lho! Beri juga warna-warna favorit kamu pada gambar tersebut. Atau kamu juga bisa mencetak desain-desain yang disukai dan menempelkannya pada buku.

 

Nah, sudah jadi! Kini kamu tak perlu membeli buku harian berkonsep scrapbook di toko buku. Ternyata mudah sekali bukan membuat scrapbook dengan barang-barang sederhana di rumah Anda? Selamat mencoba dan berkreasi ya!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags