Dasar-Dasar Makeup Untuk Pemula

Kita

Dasar-Dasar Makeup Untuk Pemula

Make up merupakan hal yang sulit dilepaskan dari wanita bahkan untuk sebagian pria. Sebagian wanita kurang percaya diri jika keluar rumah tetapi belum menggunakan makeup di wajahnya. Namun bagi yang tak biasa menggunakan makeup akan merasa kesulitan untuk mengaplikasikannya dan tak jarang banyak yang salah menggunakan makeup. Jangan sampai wajahmu justru terlihat “menggelikan” karena pengaplikasian makeup yang tidak tepat. Yuk pelajari dasar-dasar make up di bawah ini:

1. Pelembap Wajah

Pada dasarnya kulit kering maupun kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab. Untuk kulit kering wajib menggunakan pelembab karena makeup akan sulit menempel pada kulit kering, akibatnya makeup mudah hilang karena tidak menempel sempurna. Untuk kulit berminyak, gunakan pelembab secukupnya dan pilih pelembab khusus oil free. Jika menggunakan pelembab secara berlebihan, wajah akan mudah berminyak dan makeup akan mudah luntur. Jadi kenali jenis kulit wajahmu dan aplikasikan sesuai jenis kulit, jangan sampai kesalahan pengaplikasian pelembab membuat makeup-mu berantakan ya!

2. Face Primer

Face primer berguna untuk mengecilkan pori-pori. Selain itu, penggunaan face primer dapat membuat foundation menjadi tahan lama dan tidak mudah luntur. Kamu tidak mau kan riasanmu mudah luntur? Jadi jangan lupa untuk menggunakan face primer ya!

3. Foundation dan bedak

Dalam memilih foundation dan bedak, kamu harus memerhatikan warna kulit. Penggunaan foundation dan bedak yang tidak sesuai dengan warna kulit dapat membuat wajah kamu “belang” dengan kulit tangan yang tampak tidak natural. Tentunya kamu tidak mau kan hal ini terjadi pada wajahmu? Biasanya foundation dan bedak memiliki berbagai pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit kamu.

Baca Juga :  4 Cara Mudah Membuat Masker Alami untuk Rambut Berketombe

Aplikasikan foundation tipis-tipis pada kulit wajah dan leher. Kamu dapat mengulanginya lagi jika foundation kurang tebal. Hindari mengoles foundation dalam jumlah banyak karena dapat menimbulkan garis seperti pada garis mata dan garis senyum! Jika sudah, ‘tepuk-tepuk’ bedak pada wajah dan leher. Bedak dapat mengikat foundation sehingga tahan lama menempel pada kulit.

4. Blush on

Blush on dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan tidak pucat. Pilihlah blush on berwarna pink untuk kulit cerah dan nuansa oranye untuk kulit gelap. Lalu usapkan di kedua sisi pipimu secukupnya.

5. Eyeliner

Penggunaan eyeliner pada mata dapat mempertegas dan memberikan kesan mata menjadi lebih besar. Ada berbagai model eyeliner yang bisa kamu pilih. Bagi kamu yang belum terbiasa menggunakan eyeliner, dapat mencoba eyeliner berbentuk pensil karena lebih mudah untuk diaplikasikan. Aplikasikan eyeliner dari pangkal mata hingga ujung mata.

6. Maskara

Maskara sangat berguna untuk membuat bulu mata terlihat lebih lentik, tebal dan panjang. Pilihlah maskara yang tidak menggumpal. Sebelum memakai maskara, terlebih dahulu jepit bulu mata dengan penjepit agar menjadi lentik. Lalu aplikasikan maskara pada bulu mata kamu.

7. Pensil Alis

Ada yang beranggapan bahwa “alis adalah bingkai wajah” sehingga bentuk alis pun sangat menentukan tampilan wajah. Kamu dapat memilih bentuk alis melengkung ala Barat atau alis lurus yang sering digunakan oleh wanita-wanita Korea Selatan. Apabila bulu alis sudah rapi, kamu dapat langsung menggoreskan pensil alis. Namun jika banyak bulu alis yang berantakan dan keluar dari jalur alis, ada baiknya untuk merapikan bulu alis terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Lipstik

Langkah terakhir untuk makeup cantikmu adalah lipstik. Sebelum memakai lipstik, usahakan untuk memakai pelembab bibir. Bibir yang kering tentunya akan membuat tampilan lipstik kurang bagus di bibir dan tidak tahan lama. Oleskan lipstik dimulai dari bagian tengah bibir ke bagian luar bibir.

Baca Juga :  Cara Membuat Pommade Sederhana

Tidak sesulit yang dibayangkan bukan? Cara-cara di atas dapat membantu kamu untuk menggunakan makeup. Kunci utama untuk mendapatkan hasil makeup yang baik adalah kenali warna dan jenis kulitmu. Jika kamu sudah mengenal baik kulitmu sendiri, pastinya kamu dapat menentukan produk makeup mana yang sesuai dengan kulit wajahmu. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags