Yuk, Buat Pembatas Buku Berbentuk Kantung Teh!

Kita

 

Pembatas buku dengan bentuk seperti penggaris, tentunya sudah biasa. Namun bagaimana dengan pembatas buku berbentuk kantong teh? Wah, pastinya unik sekali ya. Buku kalian pun akan menjadi lebih cantik, dan kalian pastinya akan lebih bersemangat dalam membaca.

Namun, apakah kerajinan sangat sulit dan membutuhkan keterampilan desain yang tinggi? Tidak sama sekali, kok. Bahkan kerajinan ini bisa dibuat oleh anak-anak, lho! Ini dia langkah-langkahnya:

 

Bahan-bahan:

  • Desain kantong teh
  • Daun teh kering (tentatif)
  • Parfum (tentatif)
  • Kertas kado
  • Benang wol
  • Kertas asturo

 

  1. Buat/unduh desain kantong teh

 

Apabila kalian gemar menggambar, kalian bisa menggambar kerangka kantong teh pada kertas asturo. Tetapi, Anda juga bisa kok mengunduh desain kerangka kantong teh yang ada di internet. Salah satunya ada di sini: https://www.pinterest.com/twimom84/envelopes/.

 

Atau, kalian juga bisa mencari di Google dengan kata kunci “tea bag template” untuk memilih desain kerangka kantong teh yang Anda inginkan. Mudah sekali bukan? Setelah itu, cetak kantong teh dengan menggunakan kertas asturo atau kertas tebal lainnya. Sebetulnya, kalian juga bisa menggunakan kertas HVS biasa. Hanya saja, mungkin nantinya pembatas buku Anda akan lebih tipis dan ringkih.

 

  1. Lekatkan kertas kado pada desain kantong teh

 

Sudah mencetak desain kerangka? Nah, supaya pembatas buku lebih lucu, hias bagian luar kerangka teh tadi dengan kertas kado, atau ornamen lain yang menurut kalian sangat menarik. Kalian juga bisa melukis di bagian tersebut lho. Tetapi, jangan melukis dengan menggunakan cat air ya, supaya kertas tidak sobek.

 

  1. Masukkan daun teh kering

 

Di antara kerangka kantong teh, sisipkan sedikit daun teh kering kemasan, yang telah disemprot dengan menggunakan parfum. Sebenarnya langkah ini tentatif. Tetapi, daun teh yang telah disemprot parfum akan lebih wangi dan membuat pembatas buku juga dapat berfungsi sebagai aromaterapi yang menyenangkan. Unik sekali kan?

Baca Juga :  Teater Salihara: Nongkrong Seni yang Asyik dan Penuh Inspirasi di Jakarta

Jangan menyemprot parfum terlalu banyak ya, supaya nantinya kertas tidak menjadi terlalu basah, dan tentunya, kertas yang basah akan cepat sobek dan rusak. Semprotkan sekali saja dari jarak yang tidak terlalu dekat (sekitar 10 cm).

 

  1. Tambahkan benang dan kertas asturo

 

Sisipkan benang wol lewat bagian atas kantung teh, sehingga pembatas buku akan menyerupai kantong teh asli. Panjang benang yang bisa kalian gunakan adalah sekitar 15 cm. jangan terlalu panjang, supaya pembatas berbentuk kantong teh itu bisa pas saat diletakkan di antara lembar lembar kertas buku Anda

Setelah memasukkan daun teh kering yang wangi dan juga menyisipkan benang, lekatkan kertas dengan menggunakan lem. Jangan menggunakan isolasi bolak-balik ya, karena selain kurang rekat, isolasi bisa membuat tekstur kertas menjadi tidak rapi. Aplikasikan lem sesuai kebutuhan, hanya pada bagian pinggir kantong teh. Usahakan tidak ada lubang yang membuat daun teh bocor keluar.

 

  1. Tambahkan hiasan label

 

Supaya menyerupai teh celup, beri hiasan label persegi di ujung tali. Ukuran persegi yang digunakan adalah 3 cm x 3 cm, dan gunakan kertas asturo untuk membuat label ini, supaya lebih kokoh.

Untuk kesan yang lebih menyenangkan dan lebih padu dengan kantong teh, beri hiasan pada label bersegi. Namun, jangan terlalu ramai ya. Alih-alih lucu, hal ini akan membuat pembatas buku menjadi terlihat norak.

 

Selain digunakan sendiri, kalian juga bisa lho menjual kerajinan ini. Karena dengan desain yang unik dan konsep yang menarik, pastilah banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags