Berkreasi Dengan Kesenian Paper Quilling

Kita

 

Pernahkah Anda melihat hiasan dari gulungan kertas pada kartu ucapan atau buku harian? Gulungan-gulungan tersebut sangatlah cantik dan menarik hati. Padahal, sepertinya gulungan tersebut hanyalah terbuat dari kertas.

Nama kesenian dengan gulungan kertas ini adalah paper quilling. Kesenian ini sebetulnya telah lama hadir, namun sampai saat ini masih selalu diminati oleh banyak orang. Paper quilling ini juga dianggap sebagai kesenian yang sederhana, cantik dan memiliki nilai jual yang baik lho.

Inginkah Anda mendulang keuntungan dengan paper quilling ini? Atau mungkin, Anda ingin memberikan hadiah atau kartu ucapan yang indah untuk kerabat? Nah, Anda bisa gunakan metode paper quilling ini! Mari ikuti langkah-langkahnya.

 

  1. Siapkan alat-alat

 

Untuk memulai pembuatan paper quilling, siapkan alat-alat utama terlebih dahulu. Pertama adalah kertas khusus paper quilling yang panjang dan tipis. Tetapi bila harganya terlalu mahal atau sulit dicari, Anda bisa gunakan kertas HVS A4 yang berwarna dengan lembar 3mm hingga 1 cm, tergantung keinginan Anda.

Kemudian, siapkan juga quilling pen atau jarum pengikat. Jarum ini bisa dibeli di toko buku atau toko peralatan kesenian,

 

  1. Tentukan bentuk

 

Untuk mempermudah penentuan bentuk paper quilling, Anda bisa membeli quilling board, yaitu sebuah karton yang memuat berbagai bentuk paper quilling, mulai dari bulat hingga bentuk hati.

Namun Anda bisa mengunduh gambar-gambar bentuk di internet, kemudian menempelkannya pada karton atau kardus dan melubangi kardus untuk menggantikan quilling board.

 

Gunakan quilling board pada saat Anda menggulung kertas di langkah berikutnya.

 

  1. Tentukan gulungan

 

Ada dua jenis gulungan: erat dan longgar. Keduanya bisa Anda gunakan, tergantung seperti apa jenis paper quilling yang Anda inginkan. Apakah Anda menginginkan aksen bulatan longgar yang besar, atau malah yang rapat?

Baca Juga :  Naskah dalam Pertunjukan Teater Adalah

Untuk membuat gulungan rapat, sematkan ujung kertas pada bagian tengah quilling pen, dan lipat supaya terkunci. Saat menggulung, selalu tahan dan tarik gulungan supaya rapat, tetapi jangan sampai kertas menjadi sobek ya! Sementara itu, untuk gulungan longgar, lakukan cara yang sama, hanya tak perlu menahan dan menarik kertas supaya rapat.

Nah, untuk variasi bentuk sendiri, tentukan bentuk setelah gulungan bulat terbentuk. Jangan buat bentuk di awal proses penggulungan karena semua bentuk paper quilling memiliki bagian tengah yang bulat. Bentuklah kertas setelah kertas akan habis saja.

Setelah gulungan selesai dibuat, langsung rekatkan dengan lem di bagian ujung dan letakkan pada tempat yang aman agar tidak rusak dan sobek.

 

  1. Lekatkan kertas gulung

 

Apabila Anda ingin membuat kartu ucapan, lekatkan kertas yang telah digulung di atas kartu atau karton yang telah Anda persiapkan. Atau Anda bisa melekatkannya pada kertas, kemudian memberinya bingkai untuk menjadikannya hiasan meja yang cantik. Bisa juga Anda melekatkan kertas di atas buku harian. Semuanya tergantung selera Anda.

 

Mudah sekali bukan? Kunci terpenting dari kesenian paper quilling ini adalah ketelitian dan kesabaran. Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak lem ya agar kertas tidak rusak dan lusuh. Selamat berkreasi!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags