4 Aplikasi Terbaik Kaligrafi Digital

Kita

 

Kaligrafi dikenal sebagai seni menulis indah ayat-ayat suci Al-Quran. Kaligrafi juga merupakan salah satu elemen penting dalam seni Islami. Hal ini dikarenakan ornamen dalam kaligrafi tidak hanya indah dalam pengertian estetis, namun juga memiliki makna yang sakral. Pada masa kini, terdapat berbagai corak penulisan kaligrafi, seperti Kufi, Khafif Sulus, Riyasi, dan lain-lain.

Jika sebelumnya kaligrafi dibuat menggunakan tinta dan digambar langsung di atas kertas, di era digital ini penulisan kaligrafi pun dapat dibuat melalui gadget kamu masing-masing. Medium utama yang dibutuhkan dalam pembuatan kaligrafi secara digital adalah stylus, yaitu semacam pen yang digunakan untuk menulis atau menggambar di atas layar sentuh gadget. Selain stylus sebagai perangkat kerasnya, aplikasi-aplikasi di bawah ini bertindak sebagai perangkat lunak dalam penulisan kaligrafi digital.

 

  1. Calligrapher

Aplikasi yang dikembangkan oleh Mark Tushkevich menyediakan empat model pulpen dan pensil yang memudahkan dalam penulisan gaya kaligrafi, yaitu simple pen (ketebalan garis tetap), pen (ketebalan garis disesuaikan dengan kecepatan gerakan tangan), thin pencil (ketebalan garis disesuaikan dengan arah gerakan tangan), dan wide pencil (garis-garis lebar yang cocok untuk tahap pengisian warna).

Kamu juga dapat mengatur warna, ketebalan garis dan transparansi tulisan dengan Calligrapher. Aplikasi ini tersedia di Playstore maupun App Store, serta dapat diunduh secara gratis (untuk versi pro Calligrapher, dapat dibeli seharga sekitar Rp26.000).

 

  1. Ana Muhtarif Al Khat

Fungsi aplikasi ini dikhususkan pada penulisan kaligrafi Arab. Aplikasi milik Diwan Software Ltd ini menyediakan berbagai jenis huruf (fonts) Arab versi Diwan, seperti Diwan Nasakh Mishafi, Diwan Thuluth, Diwan Farsi, dan Waseem (seperti huruf Ruqa’a).  Ana Muhtarif Al Khat memungkinkan penggunanya berkreasi dengan seni kaligrafi Arab disertai dengan berbagai tutorial yang diunggah di YouTube. Hasil karyamu nantinya juga dapat disimpan dalam bentuk file PDF. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan App Store (pada App Store bernama Ana Khattat) dan kedua versi dapat diunduh secara gratis lho!

 

  1. Arabic Calligrapher
Baca Juga :  Pengertian Teater Menurut Para Ahli yang Perlu Kamu Tahu

Arabic Calligrapher merupakan aplikasi desain grafis dengan vektor 2D yang dikhususkan pada kaligrafi Arab dan bertujuan untuk meningkatkan produksi karya seni Islami. Aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi khusus kaligrafi digital dan menyediakan berbagai bentuk huruf, sehingga kreativitas pengguna dapat berkembang secara leluasa. Aplikasi yang satu ini tersedia hanya dalam versi PC Windows. Tersedia masa trial gratis, namun untuk penggunaan jangka panjang, aplikasi ini berbayar sebesar $150.00.

 

  1. Calligraphy HD

Aplikasi ini hadir dengan berbagai pilihan kepala pulpen dan kuas. Kamu dapat menentukan ketebalan ujung pulpen, tekstur sapuan kuas dan arah pulpen. Kaligrafi karya kamu pun dapat dibuat lebih unik dengan berbagai pilihan latar belakang, seperti kertas perkamen, dan menyimpan karyamu dalam galeri foto ponsel atau mengirimkan karyamu melalui e-mail. Aplikasi yang dikembangkan oleh Abecedaire ini, tersedia baik di Playstore maupun App Store dan dapat diunduh secara gratis.

Nah, dengan berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi-aplikasi di atas, kreativitas kamu dalam membuat kaligrafi dapat tetap berkembang dan garis-garis kaligrafimu akan lebih rapih. Selain itu, kamu juga akan menghemat kertas lho! Selamat mencoba dan berkreasi.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags