3 Jenis Penyakit Mematikan Yang Harus Kamu Ketahui

Ani Rufaidah

foto by : jalansehat.com

Tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Banyak orang diluar sana yang berusaha untuk mendapatkan hidup sehat. Namun penyakit terkadang bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja, terutama untuk kamu yang sering lalai menjalankan pola hidup sehat.

Mulai dari penyakit ringan hingga kronis. Sebelumnya, tahukah kamu beberapa jenis penyakit paling mematikan yang ada saat ini? Berikut ini daftar penyakit paling berbahaya yang perlu kamu ketahui berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan

1. Cerebrovaskular (pembuluh darah di otak)

foto by : planet.merdeka.com

Cerebrovaskular atau permasalahan pembuluh darah di otak seperti yang terjadi pada pasien stroke, mendapat peringkat pertama sebagai jenis penyakit paling mematikan yang ada di Indonesia. Stroke secara umum diartikan sebagai gangguan pada fungsi saraf dan perdarahan pada pembuluh darah di otak secara mendadak, cepat dan terus bertambah parah.

Biasanya stroke ini ditandai dengan kelumpuhan pada anggota tubuh, bicara kacau dan perubahan pada struktur wajah (terlihat menurun).

Stroke biasanya disebankan oleh adanya gumpalan darah pada pembuluh darah di otak, pengaruh obat obatan dan hipertensi. Stroke bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Orang yang mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol, obesitas dan diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena stroke. Berbahaya sekali ya, maka dari itu penting sekali untuk menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

2. Jantung Iskemik / koroner

Penyakit jantung menduduki peringkat kedua sebagai penyakit paling mematikan setelah stroke. Meskipun kedua penyakit berbahaya ini tidak menular, namun sangat membahayakan. Penyakit ini terjadi pada orang yang tidak menjalani pola hidup sehat seperti tidak berolahraga, pola makan tidak sehat, merokok dan minum alkohol.

Baca Juga :  5 Manfaat Buah Nanas Untuk Wanita

Penderita penyakit jantung ini dapat beresiko mengalami kematian mendadak karena serangan jantung. Jika kamu adalah seseorang yang sering mengalami nyeri dada, sesak napas, keringat dingin ketika melakukan aktivitas berat, segeralah periksakan diri ke dokter untuk menghindari resiko lebih lanjut.

Untuk mencegah penyakit ini lakukan pola hidup yang sehat istirahat cukup, makan makanan yang bergizi dan seimbang. Jika kamu adalah perokok aktif mulai sekarang, hentikan kebiasaan buruk tersebut.

3. Diabetes Melitus

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO Diabetes melitus menyumbang 6,5 persen kematian yang ada di Indonesia. Diabetes secara umum dapat diartikan sebagai penyakit yang berlangsung lama atau kronis, ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.

Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan asupan gula yang dikonsumsi dalam sehari oleh tubuh, lakukan check up untuk mengontrol kadar gula dalam tubuhmu.

Gejala pada penderita diabetes biasanya ditandai dengan selalu merasa haus, rutin buang air kecil terlebih pada malam hari, turunnya berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas dan yang paling terlihat adalah jika terjadi luka pada anggota tubuh akan sulit disembuhkan.

Itulah tiga jenis penyakit paling mematikan yang ada di Indonesia saat ini berdasarkan peringkat masing- masing. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, beberapa penyakit disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Sayangi tubuh kamu sebelum terlambat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Manfaat Yakult Untuk Kesehatan

Artikel Terkait

Bagikan: