Cara Merawat Sepatu Kulit

Kita

 

CARA MERAWAT SEPATU KULIT

Sepatu kulit bisa menjadi salah satu barang investasi yang mempunyai nilai jual. Sama seperti halnya jam tangan yang mahal, sepatu kulit merupakan barang yang bisa dijadikan koleksi. Sepatu kulit mempunyai nilai estetika sendiri yang dapat dilihat dari bahannya, model, maupun merk sepatu tersebut. Selain itu, sepatu kulit juga memiliki tingkat kemewahan yang cukup tinggi karena bahan pembuatnya adalah kulit. Agar tidak mengurangi tingkat kemewahan, sepatu kulit perlu dijaga juga kebersihannya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk merawat sepatu kulit.

1. Keluarkan sepatu dari kotaknya.

Kotak sepatu dapat membuat material sepatu panas. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakaan material, bahkan menimbulkan jamur. Langkah terbaik adalah meletakkan sepatu di dalam rak sepatu.

2. Beri penyangga sepatu didalamnya.

Penyangga sepatu, yang sering disebut shoe trees, merupakan alat yang digunakan untuk menjaga bentuk sepatu. Material sepatu, dalam ruangan, akan menyerap berbagai elemen udara seperti kelembapan dan bau, yang bisa mengubah bentuk sepatu. Terlebih setelah sepatu dicuci.

3. Pakailah sepatu kulit secara wajar.

Berilah sepatu kulitmu waktu untuk beristirahat. Memakai sepatu kulit terlalu sering dapat menyebabkan usia sepatu tidak panjang. Memakainya secara wajar dan memberinya waktu untuk bernafas adalah salah satu cara yang tepat untuk menjaga keawetan sepatu.

4. Sering berada di situasi di mana kaki sukar masuk kedalam sepatu? Jika hal itu terjadi, pakailah shoe horn.

Shoe horn adalah alat berbentuk seperti lidah, yang membantu kaki untuk masuk ke dalam sepatu. Memaksakan kaki yang sulit masuk ke dalam sepatu dapat menyebabkan kerusakan bagian belakang sepatu dan heels. Pastinya kamu tidak mau kan sepatu kulit kesayanganmu menjadi rusak?

Baca Juga :  Style Berpakaian yang bisa Perempuan Kenakan ke Kantor

5. Berikan shoe taps pada heels

Shoe taps adalah lempengan yang diaplikasikan di bawah heels sepatu, yang dapat menjaga sepatu dari kerusakan heels. Namun, memakai shoe taps tidak dianjurkan untuk sepatu kulit yang baru dipakai kurang dari 18 bulan, karena dalam periode ini sepatu melakukan adaptasi terhadap kaki pengguna untuk menemukan kenyamanan.

6. Sepatu kulit kamu basah? Segera keringkan!

Segera keringkan sepatu kulitmu yang basah dengan koran sesegera mungkin, lalu letakkan di tempat yang tidak terpapar langsung dengan panas. Paparan panas yang berlebih akan menyebabkan bahan sepatu rusak, seperti keretakan permukaan dan perekat.

Nah, sudah tahu kan cara merawat sepatu kamu? Merawatnya dengan baik bisa memperpanjang usia sepatu kulit, dan bisa menjadi investasi yang memiliki nilai jual tinggi. Pasti mau kan sepatumu bisa dipakai dengan jangka waktu lama?

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags