Mengenal Jenis Jerawat dan Penyebabnya

Hampir semua orang memiliki masalah terhadap jerawat. Setiap orang pasti pernah mengalami jerawat, sekalipun sudah rajin melakukan perawatan. Ketika jerawat muncul sering kali membuat mood kita menjadi kurang baik.

Ya jerawat memang menyebalkan. Pada artikel sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai letak posisi jerawat dan penyebabnya jika dilihat dari kesehatan organ tubuh.

Seperti kita ketahui jerawat juga memiliki tekstur dan ciri yang berbeda – beda, ada yang bermula dari komedo kemudian menjadi jerawat, ada juga jenis jerawat dengan ukuran kecil, hingga jerawat berukuran lebih besar yang mengandung darah didalamnya dan rasanya sakit sekali.

Nah, kali ini akan kita bahas mengenai jenis jerawat dan penyebab yang sering terjadi berikut penjelasannya :

Whitehead

foto by : healthline.com

Whitehead adalah jenis jerawat yang paling sulit dikeluarkan bentuknya kecil dan keras, biasanya terletak di sekitar pipi dan dahi.

Jerawat ini terlihat seperti beruntus atau biang keringat dan akan sulit dikeluarkan. salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat ini adalah dengan menggunakan produk BHA atau langsung konsultasi kan dengan dokter atau ahli kecantikan.

Jerawat biasa (jinak)

foto by : shutterstock.com

Jerawat jenis ini, biasanya berwarna merah pink, berisi cairan dan minyak dan sedikit sakit jika di pegang. jerawat ini cukup jinak dan dapat dengan mudah disembuhkan.

Jerawat muncul ketika pori pori yang terbuka tersumbat dengan kotoran yang menumpuk. Mungkin kamu sering lupa membersihkan wajah terlebih ketika kelelahan setelah beraktivitas seharian.

Pori – pori yang tersumbat kotoran menjadi tempat yang subur berkembangnya bakteri di wajah kemudian terjadi peradangan atau jerawat tadi. Gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid sebagai penanganan terbaik.

Jerawat Besar

Jerawat besar adalah type jerawat yang sangat mengganggu dan terasa sakit. Jerawat ini berukuran cukup besar biasanya didalam jerawat terdapat nanah dan darah. Jerawat ini banyak di alami oleh remaja hijfda dewasa.

Setelah nanah dan darah keluar, jerawat akan berangsur mengecil dan kering, namu jangan sekali kali memencet langsung dengan tangan ya, karena di khawatirkan infeksi dan menimbulkan peradangan yang semakin parah.

Kamu bisa mencoba mengompres nya dengan air hangat, atau bisa juga menggunakan obat untuk mempercepat pengeringaj jerawat.

Selain jenis jerawat diatas ada juga komedo yang sangat mengganggu penampilan. Komedo paling banyak tumbuh disekitar hidung berwarna hitam atau putih kecil dan membuat kulit wajah menjadi kasar.

Komedo terjadi ketika minyak dan sel kulit mati terjebak dalam lapisan pori-pori yang membuat pori pori terbuka dan terasa kasar.

Cara menghilangkan komedo adalah dengan secara rutin menggunakan produk formula BHA untuk mengangkat sel kulit mati atau bisa juga menggunakan scrub dan plester komedo meskipun cara ini tidak terlalu efektif.

Itulah beberapa jenis jerawat yang banyak dialami oleh kebanyakan orang. Untuk mencegahnya kamu perlu merawat kulitmu secara rutin.

Perawatan Wajah Tanpa SkinCare Mahal
Perawatan Wajah Tanpa SkinCare Mahal – foto jatim.tribunnews.com

Gunakan serangkaian produk skincare secara rutin setelah beraktivitas seharian, mungkin kamu tidak sadar akan polusi, debu dan kotoran yang ada diluar sana, yang membuat kulit kamu kusam dan berjerawat.

Produk Skincare tidak harus mahal kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan alami yang mudah didapat, seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. kamu bisa menggunakan madu, mentimun atau masker bengkuang sebagai skincare. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *