4 Cara Mudah Membuat Masker Alami untuk Rambut Berketombe

Kita

Cara Mudah Membuat Masker Alami Untuk Rambut Berketombe

Ketombe pada rambut memang sangat mengganggu sekali. Bayangkan saja, ketombe ini tak hanya membuat kepala menjadi gatal, tetapi juga dapat mengganggu penampilan. Ketombe yang berwarna putih sangat kontras dengan warna rambut sehingga terlihat mencolok saat menempel di rambut. Hal tersebut tentunya membuat Anda merasa malu kan?

Seringkali, shampoo anti ketombe juga tak terlalu efektif dalam mengatasi masalah ini. Zat anti-dandruff alias anti ketombe di dalam shampoo tidaklah cukup banyak untuk mengatasi ketombe dalam waktu cepat. Lagipula, tidak semua orang cocok dengan shampoo anti ketombe lho!

Bagaimana bila kita membuat masker rambut anti ketombe sendiri? Ya, bahan-bahan untuk masker anti ketombe rupanya bisa ditemukan di dapur Anda. Penasaran apa saja? Ini dia campuran bahan-bahan yang tepat untuk menghilangkan ketombe Anda.

1. Madu dan Alpukat

Siapa sangka kedua makanan yang manis ini dapat menghilangkan ketombe? Campurkan satu sendok madu dengan empat sendok alpukat yang telah dihaluskan hingga berbentuk bubur, aduk hingga rata. Aplikasikan pada rambut Anda dan diamkan selama 30 menit.

Mengapa alpukat bisa menghilangkan ketombe? Ketombe berasal dari permasalahan kulit kepala yang tidak sehat, dan zat-zat dalam alpukat dapat menyehatkan kulit kepala serta mengontrol minyak berlebih.

2. Yoghurt dan telur

Selain menyegarkan, yoghurt juga dapat mengurangi gatal pada rambut lho! Sementara itu, telur dengan Omega-3 mampu menyehatkan sel kulit kepala.

Campurkan sebutir telur dengan 5 sendok yoghurt murni tanpa rasa (plain), aduk dan diamkan di kulit kepala selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga :  Bikin Liptint Sendiri Yuk!

3. Telur dan minyak zaitun

Selain yoghurt, Anda juga bisa mencampur sebutir telur dengan satu sendok minyak zaitun. Minyak zaitun memang multifungsi sekali, dan penuh dengan zat-zat yang dapat menyehatkan kulit dan bagian tubuh lain. Tak mengherankan bila harganya agak mahal.

Nah, karena minyak zaitun tak dapat menetralisir bau amis pada telur, pastikan mencuci dengan bersih rambut Anda ya!

4. Jahe dan lidah buaya

Siapa yang tak kenal dengan manfaat lidah buaya? Tak heran banyak shampoo yang menggunakan tumbuhan yang satu ini. Lidah buaya mengandung vitamin E yang tidak hanya berfungsi untuk membuat rambut berkilau dan tak mudah rontok, tetapi membuat kulit kepala menjadi sehat dan tak mudah terkelupas.

Sayangnya, di samping manfaat baiknya, lidah buaya memiliki aroma yang sangat tak sedap. Untuk itu, campurkan dengan setengah buah jahe yang telah diparut lalu baru oleskan di rambut Anda, dan diamkan selama 20 menit. Jangan lupa untuk mencuci dengan bersih rambut Anda dengan shampoo.

Selain merawat rambut, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah menjaga makanan Anda. Jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak! Makanan yang berlemak dapat meningkatkan produksi minyak kulit kepala, yang tentunya dapat merangsang munculnya ketombe di kepala Anda. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags