Manfaat Pare Untuk Kesehatan

Ani Rufaidah

foto by : bacaterus.com

Pare adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki ciri khas dari rasanya yang pahit. Meskipun pahit, ternyata banyak juga yang menyukai si pare ini. Pare atau tanaman yang memiliki nama latin momordica charantia adalah jenis tanaman yang tumbuh di wilayah tropis, maka tidak heran jika kita banyak menjumpai tanaman ini di Indonesia.

Pare termasuk ke dalam tumbuhan rambat. Pare biasanya dikonsumsi dengan cara direbus, ditumis atau yang paling nikmat biasanya dijadikan pelengkap dalam sepiring siomay.

Baru baru ini ada penelitian yang menyebutkan bahwa meminum air rebusan pare secara rutin sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Walaupun pahit dan mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak menyukainya, terlebih anak-anak.

Pare ini ternyata memilki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, bahkan beberapa diantaranya dapat mengobati  penyakit berbahaya seperti HIV/ AIDS, diabetes bahkan kanker. berikut ini penjelasannya.

Mengobati penyakit diabetes

Pare ini memiliki rasa pahit karena didalamnya mengandung zat Phytonutrient dan Polipeptida-P yang bertindak sebagai insulin untuk tubuh, sehingga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Jika kamu adalah penderita diabetes atau orang yang sering mengalami permasalahan terhadap gula darah, rutin mengonsumsi pare ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengobati penyakit kamu. Tidak perlu khawatir dengan rasa pahitnya.

Baca juga : Manfaat belimbing

Mengobati HIV/AIDS

Didalam pare terdapat zat fitokimia yang dapat menghambat pertumbuhan dan aktivitas dari virus HIV/AIDS. Sebuah penelitian menunjukan bahwa komposisi zat fitokima pada pare dapat mengobati pasien dengan herpes simplek virus -1 dan penyebarannya kepada orang lain.

Baca Juga :  Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan
foto by : medical news today

Herpes simplex virus dapat menyebabkan infeksi pada area mulut, wajah, dan organ vital. Penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya lepuhan pada kulit. Si Pare ini berfungsi untuk menghambat penyebaran virus tersebut agar tidak berkembang ketahap yang lebih serius.

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Manfaat yang ketiga dari pare adalah mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukan di dalam pare terdapat senyawa triterpenoid tipe cucurbitane yang dapat mengatasi peradangan dan juga kanker.

Ekstrak dari pare juga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel sel kanker dalam tubuh. Untuk menjadikan pare ini sebagai solusi mencegah kanker kamu bisa rutin meminum air rebusan pare ini.

Membantu membersihkan darah kotor

Untuk kamu yang sering mengalami permasalahan pada kulit seperti gatal-gatal, bisul bahkan jerawat, rutin mengonsumsi pare ini dapat menjadi solusinya untuk mencegahnya datang lagi.

Didalam pare terdapat sifat antimikroba yang dapat membantu membersihkan darah dan racun dalam darah, sehingga resiko mengalami penyakit kulit dapat menurun. Sirkulasi darah yang tidak lancar dan terjadinya gangguan pada aliran darah, memang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kulit.

Baca juga :  Manfaat daun saga

Itu dia beberapa manfaat dari pare untuk kesehatan tubuh. Sejak dahulu, pare ternyata dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit mematikan.

Menurut beberapa penelitian kandungan vitamin yang terdapat pada pare juga di percaya dapat menyuburkan rambut, menyehatkan mata dan menangkal radikal bebas, sehingga dapat menjadi obat alami anti penuaan dini yang bisa memperbaiki penampilan kita.

Meskipun rasanya pahit dan tidak seenak sayuran pada umumnya, tetapi kandungan pada pare ini ampuh mengobati penyakit berbahaya.  Jadi jangan khawatir dengan rasa si pare yang pahit ini ya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  5 Obat Cacing Paling Ampuh

Artikel Terkait

Bagikan: