Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Ani Rufaidah

Jahe adalah salah satu tanaman rimpang, rempah rempah khas dari Indonesia. Jahe atau tanaman yang memiliki nama latin zingiber officinale, termasuk kedalam rempah rempah yang sangat populer.

Bentuk jahe ini memang sedikit mirip dengan lengkuas, kencur atau bahkan kunyit. Kamu pasti tahu beberapa minuman lezat di Indonesia yang terbuat dari jahe seperti sekoteng, jahe susu dan juga wedang jahe yang dijual setiap malam untuk menghangatkan tubuh.

jahe merah
foto by : deltomed.id

Selain sebagai rempah rempah, jahe juga sering dijadikan sebagai obat obatan alami, terutama Jahe merah, sebab memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Jahe merah mengandung senyawa baik untuk tubuh lebih banyak dari pada jahe putih.

Senyawa tersebut diantaranya shogaol, gingerol, zingeron yang bermanfaat untuk kesehatan. Ciri khas dari jahe merah adalah rasanya yang sedikit pedas, yang dihasilkan dari senyawa bernama keton. Berikut ini adalah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh :

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Di dalam jahe merah terdapat kandungan zat antibakteria yang dapat melawan bakteri jahat pada tubuh, sehingga tubuh tidak mudah diserang penyakit.

Untuk kamu yang memiliki aktivitas yang padat, jika sistem kekebalan tubuh lemah, maka tubuh mudah sekali terserang penyakit. Kamu bisa mengonsumsi ekstrak jahe merah ini dengan air hangat, secara rutin untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurunkan kadar kolestrol jahat

Beberapa penelitian menunjukan mengonsumsi jahe merah secara rutin dapat menurunkan trigliserida dan kolestrol jahat dalam tubuh. Seperti kita ketahui kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung bahkan stroke. Menurut penelitian mengonsumsi jahe merah 2 atau 3 gram dalam sehari dapat menurunkan resiko terserang penyakit tersebut.

Baca Juga :  3 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Psikis Anda

Menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat

Jahe merah mengandung zat komponen aktif yaitu zingeron yang berfungsi sebagai penghambat enzim yang dapat meningkatkan resiko peradangan pada usus dan organ pencernaan lainnya. mengonsumsi jahe merah secara teratur dapat menurunkan resiko radang pencernaan.

pencernaan
foto by : doktersehat.com

Selain itu jahe yang memiliki sifat antibakteria ini juga bermanfaat untuk membunuh bakteri yang dapat menginfeksi sistem pencernaan, sehingga pencernaanmu dapat menjadi lebih sehat.

Baca juga : Manfaat yakult untuk kesehatan

Mengurangi nyeri sendi

Menurut penelitian jahe merah mengandung komponen oleoresin yang berfungsi sebagai zat antiperadangan. Kandungan oleoresin pada jahe merah lebih tinggi dibandingkan jahe putih. Komponen aktif gingerol, gingerdion dan zingeron yang dapat menurunkan kadar leukotrin dan portaglandin dalam tubuh.

Kedua komponen tersebut yang menjadi penyebab nyeri sendi dan otot. Meminum jahe hangat ditambah beberapa sendok madu dapat mengurangi nyeri sendi yang terjadi pada tubuhmu.

Itu dia beberapa manfaat dari jahe merah untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Indonesia memang kaya akan rempah-rempah, jangan lupa untuk memilih jahe merah dengan kualitas yang terbaik.

Baca Juga : Penyakit Mematikan

Jangan memilih jahe yang sudah mengkerut karena menandakan jahe merah tersebut sudah tidak segar lagi. Pastikan kamu mengolahnya secara benar untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh dari si jahe merah ini.

Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jangan mengonsumsi jahe merah ini secara berlebihan, sebab dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti sakit perut, kembung hingga diare. Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik ya.

Jika kamu sebelumnya sudah mengonsumsi obat dari dokter,jangan ragu untuk mengkonsultasikan kembali apakah aman jahe merah ini untuk kesehatan kamu, jika mengonsumsinya secara bersamaan. Jaga selalu kesehatan tubuh kamu dan tetap aktif menjalani pola hidup sehat ya. Terima kasih.

Baca Juga :  5 Manfaat Buah Porang Untuk Kesehatan

Artikel Terkait

Bagikan: