Manfaat Buah Belimbing Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Belimbing adalah salah satu buah yang menyegarkan. Rasanya yang asam manis, dengan kandungan air yang cukup banyak yang terdapat dalam buah, membuat buah belimbing ini banyak disukai orang.

Tahukah kamu, ternyata buah belimbing mampu menurunkan tekanan darah tinggi? Bagaimana Bisa? Berikut ini penjelasannya

Kandungan dalam Belimbing

Belimbing adalah buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, Vitamin B1 dan B2. Belimbing juga mengandung zat mineral penting untuk kesehatan tubuh seperti fosfor, kalsium dan kalium, zat besi, serat dan juga pektin yang dapat membantu menyehatkan pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah.

Hipertensi atau sering disebut juga penyakit darah tinggi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah pada pembuluh darah bersih meningkat. Tingginya tekanan darah ini sebenarnya dapat diturunkan kembali dengan obat maupun secara alami tanpa obat.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini jika dibiarkan dapat berbahaya karena dapat memicu penyakit jantung, stroke kerusakan organ tubuh bahkan hingga kematian.

Maka dari itu, jangan disepelekan dan harus ditangani dengan baik. Banyak mengonsumsi jus buah dapat meringankan tekanan darah pada pembuluh darahmu.

Manfaat Jus Belimbing

jus belimbing – khasiat.co.id

Manfaat jus belimbing untuk menurunkan tekanan darah tidak terlepas dari kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang terkandung didalamnya.

Menurut beberapa penelitian kandungan pectin yang terdapat pada buah belimbing dipercaya mampu menurunkan tekanan darah, selain itu kandungan pectin ini juga mampu mengikat kolesterol jahat, lalu membawanya keluar bersama kotoran.

Karena itu buah belimbing ini sering dicari sebagai obat alami untuk dua jenis penyakit ini.

Star Fruit atau buah belimbing ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi. 100 gram buah belimbing mengandung 33,00 mg Vitamin C. Kandungan Vitamin C yang tinggi pada buah belimbing mampu menguatkan sistem imunitas pada tubuhmu, sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit.

Buah belimbing ini juga tinggi  akan kandungan antioksidan nya, sehingga mampu melawan sel sel kanker dalam tubuh.

Kamu bisa menemui buah belimbing atau star fruit ini dengan mudah, biasanya disekitar pasar tradisional terdekat, dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan buah lain. Banyak juga orang yang menanamnya dirumah. Karena perawatan tanaman buah belimbing ini juga cukup mudah.

Untuk menjadikan buah belimbing ini sebagai obat, kamu bisa langsung mengonsumsinya atau bisa juga dijadikan jus buah, jangan lupa untuk mengonsumsinya secara rutin ya untuk mendapatkan hasil yang baik. Berikut ini cara membuat jus belimbing

  • 200 gram buah belimbing, potong kecil kecil
  • 1 tangkai seledri (boleh tidak pakai)
  • 1 1/2 sdm gula pasir
  • ½ sdm air jeruk lemon
  • Es batu
Cara Membuat:
  • Pertama potong kecil kecil belimbing,
  • Lalu, campurkan dengan sayur seledri, gula pasir dan juga jeruk lemon
  • Langkah selanjutnya adalah blender semua bahan ini hingga lembut dan hancur rata
  • Siapkan wadah atau gelas kemudian tambahkan es batu atau susu agar lebih segar

Selain banyak mengonsumsi buah dan sayur, jangan lupa juga untuk melakukan kebiasaan pola hidup sehat. Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, minum air putih serta konsumsi makanan yang seimbang dapat membantu kamu mendapatkan tubuh yang sehat. Karena kesehatan itu sangat penting.

Darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang berbahaya, jika memang dirasa tubuh kamu sudah mengalami gejala hipertensi yang parah, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter ya

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *