Makna Warna di Dalam Pakaian

Kita

Terkadang memilih warna pakaian yang akan dipakai hari ini bisa berhubungan dengan suasana hati, karena dengan memilih warna baju adalah salah satu cara komunikasi non verbal yang bisa menyampaikan pesan apa yang kamu rasakan hari ini. Setiap warna memiliki simbol-simbol tertentu, tidak hanya untuk merepresentasikan suasana hati, namun juga memiliki arti-arti tertentu dalam acara-acara tertentu. Maka dari itu memilih warna baju itu sebenarnya penting. Kamu tidak mau saltum atau salah kostum karena salah memilih warna baju? Yuk, kenali arti-arti warna baju yang kamu kenakan.

Makna Warna di Dalam Pakaian

1. Putih

Warna putih melambangkan kepolosan, kebersihan, kesederhanaan dan ketulusan. Putih juga termasuk ke dalam warna yang netral, yang artinya cocok dipadupadankan dengan semua warna lainnya. Maka dari itu, putih sangat cocok untuk dipakai ke kantor karena terlihat sejuk, nyaman, bersih dan memperlihatkan kesan sederhana namun tetap fashionable karena mudah dipadupadankan dengan item fashion lainnya.

2. Hitam

Selain putih, warna netral lainnya adalah hitam. Namun berbeda dengan putih yang terang, hitam adalah warna yang gelap yang melambangkan kemisteriusan, keseriusan, kekuasaan, profesionalitas namun tetap elegan dan seksi. Oleh karena itu kebanyakan blazer atau jas bewarna hitam karena dengan menggunakan warna tersebut melambangkan profesionalitas.

Warna hitam sangat cocok untuk kamu yang ingin terlihat seksi dan elegan namun terlihat serius dan tidak terlalu mencolok. Ditambah lagi, warna ini sangat cocok sekali untuk menimbulkan kesan langsing. Maka dari itu kebanyakan wanita memiliki dress hitam, sampai terciptanya kiasan “When in doubt, wear black.” Karena memakai warna hitam sangat netral namun mudah meninggalkan kesan elegan dan seksi.

Baca Juga :  Crypto Tersohor Selain Bitcoin: Menyelami Dunia Investasi Digital

Selain itu, di berbagai negara—salah satunya Indonesia—warna hitam disimbolisasikan dengan warna kematian karena hitam juga bisa melambangkan kesedihan. Maka dari itu, bila kita datang ke pemakaman seseorang, biasanya mayoritas orang disana memakai baju hitam dalam rangka turut berduka cita.

3. Merah

Saat kamu memilih untuk memakai baju warna merah, dapat dikatakan kamu sedang ingin mencari perhatian atau menjadi pusat perhatian, karena dengan menggunakan warna merah, orang-orang akan melihat ke arah kamu. Warna merah yang terang meninggalkan kesan gairah, semangat dan berani. Bila kamu sedang merasa malas, kamu bisa memilih warna merah untuk membangkitkan semangatmu lagi.

4. Kuning

Bagi kamu yang memilih warna kuning, berarti kamu memiliki sifat percaya diri, ceria dan ramah. Selain itu, memakai warna kuning juga bisa meningkatkan konsentrasi kita. Namun kamu harus berhati-hati memilih warna kuning yang seperti apa. Sebaiknya, jangan terlalu terang karena akan membuat “silau” dan menyakiti mata yang melihat. Kamu tentunya tidak mau kan  ada orang yang sampai harus menyipitkan matanya untuk melihatmu?

5. Biru

Warna yang erat kaitannya dengan laut ini melambangkan ketenangan dan dingin. Memakai baju warna biru bisa membuat dirimu tenang dan lebih bisa mengontrol emosi. Tidak hanya untukmu saja, namun ketenangan tersebut bisa didapatkan oleh orang-orang disekitarmu juga.

6. Hijau

Tenang, segar dan tentram adalah kata-kata yang cocok untuk warna yang satu ini, yap apalagi kalau bukan hijau! Warna ini sangat cocok sekali untuk kamu yang sedang bersemangat dan ingin terlihat segar, karena warna hijau dipercaya ampuh untuk mengurangi stres, sama halnya kamu bisa menghilangkan rasa penat dengan cara melihat tanaman-tanaman yang didominasi oleh warna hijau.

Baca Juga :  Tempat Nongkrong yang Disukai  Anak Muda

7. Oranye

Hampir sama dengan merah, memakai baju warna oranye berarti kamu ingin menjadi perhatian. Namun, warna ini lebih menenangkan ketimbang merah. Dengan memakai warna oranye, berarti kamu sedang menunjukkan rasa optimis dan semangat menjalani hari. Selain itu, baju warna oranye juga bisa membawa hawa positif loh untuk lingkungan sekitar.

8. Ungu

Percampuran warna merah dan biru ini melambangkan kemewahan, kekayaan, keanggunan, kekuasaan dan romantis. Warna ungu ini mempunyai sifat feminin, maka dari itu tidak heran jika banyak perempuan dewasa yang sudah mapan memilih warna baju berwarna ungu.

Ternyata, warna diciptakan bukan hanya untuk membuat dunia lebih warna-warni. Namun setiap masing-masing warna memiliki simbol dan karakter yang kuat. Sama halnya dengan warna-warna baju yang kita kenakan setiap hari. Warna-warna tersebut ada bukan hanya untuk ‘gonta-ganti’ saja, namun masing-masing dari warna tersebut merepresentasikan siapa diri kita dan apa yang ingin kita tunjukan kepada orang lain.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags