Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Agar Si Calon Bayi Tetap Sehat

Ani Rufaidah

sumber foto : parents.com

Kehamilan adalah hal yang ditunggu tunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah, terlebih untuk kehamilan anak pertama. Orang tua berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya, sejak dalam kandungan hingga anak besar nanti.

Kesehatan si calon bayi itu tergantung dari nutrisi yang di makan oleh sang ibu. Sang ibu perlu makanan yang bergizi dan benutrisi agar bayi dalam kandungan dapat tetap tumbuh dengan baik.

Faktanya ibu yang mengandung tidak perlu makan terlalu banyak dengan porsi dua kali lipat ya moms, karena ibu hamil hanya perlu menambah 3000 kalori setiap harinya, setara dengan makan satu buah pisang dan sereal, yang terpenting adalah makanan yang di konsumsi harus banyak mengandung gizi dan vitamin serta asam folat untuk perkembangan sang cabang bayi.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, karena memiliki vitamin dan gizi yang tinggi, ini penjelasannya.

Sayur Mayur Hijau

foto by : cintaihidup.com

Sayur sayuran hijau dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan janin. Sayuran hijau seperti bayam, memiliki banyak kandungan asam folat yang baik untuk mengurangi resiko cacat lahir pada bayi.

Sayuran hijau seperti bayam juga banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin K yang baik untuk kesehatan.

Buah-Buahan

Mengonsumsi buah buahan segar juga sangat baik untuk ibu hamil. Biasanya ibu hamil senang sekali makan rujak buah ya. Itu juga baik untuk kesehatan si cabang bayi. berikut ini ada beberapa rekomendasi buah buahan yang baik di konsumsi oleh ibu hamil.

Mangga

Baca Juga :  Pentingnya Hubungan Ibu dan Anak

Semangkuk buah mangga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Vitamin C dapat menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh, zat antioksidan dapat melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Pisang

foto by : pixaby.com

Seperti diketahui pisang kaya akan kalium dan kalori yang baik untuk ibu hamil. Kalium dalam buah pisang dapat membantu keseimbangan elektrolit tubuh dan kalori dapat memberikan energi bagi ibu hamil agar dapar beraktifitas dengan baik.

Alpukat

foto by : Mommysdaily.com

Alpukat memiliki kandungan asam folat yang tinggi dibandingkan buah lain. Alpukat dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin.

Alpukat juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin K dan Vitamin C yang baik untuk tubuh.

Daging Merah Tanpa Lemak, Telur dan Ikan sebagai sumber protein

Makanan ini kaya akan protein yang baik untuk pertumbuhan janin. Namun perlu diperhatikan jangan mengonsumsi daging atau makanan olahan sembarangan ya moms, seperti sosis atau ikan kaleng karena dikhawatirkan mengandung bakteri dan parasit yang berbahaya untuk janin. Hindari makanan junk food karena kurang baik untuk kesehatan janin.

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil, selain makanan diatas, ibu hamil juga perlu mengonsumsi susu atau suplemen tambahan yang aman, untuk menjaga kesehatan cabang bayi, karena dikhawatirkan ada vitamin atau gizi yang terlewatkan dalam sehari. mengonsumsi kacang – kacangan dan sumber karbohidrat juga tidak boleh terlewatkan.

Jangan lupa untuk melakukan olahraga atau senam hamil ya moms untuk mempermudah proses kelahiran si cabang bayi nanti, usahakan jangan malas bergerak ya moms. Lakukan selalu pola hidup yang sehat agar moms dan si cabang bayi tetap kuat, terutama untuk kehamilan di trisemester pertama. Semoga bermanfaat ya moms.

Baca Juga :  5 Tips Perawatan Setelah Melahirkan

Artikel Terkait

Bagikan: