Khasiat Daun Saga Untuk Menyembuhkan Penyakit

Indonesia memang kaya dengan berbagai macam flora dan juga fauna. Indonesia yang memiliki iklim tropis ini banyak sekali dipenuhi dengan berbagai macam tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satu tanaman tersebut adalah si hijau daun saga.

foto by : cintaihidup.com

Dilansir dari biologi.co.id Daun Saga adalah daun yang berasal dari tanaman Saga Rambat atau Saga Telik (Abrus precatorius).

Tanaman ini akan dengan sangat mudah tumbuh di pekarangan, kebun bahkan di pinggir jalan. Banyak orang yang menganggap bahwa saga adalah tanaman gulma.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya daun saga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan salah satunya dapat menyembuhkan panas dalam. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat tanaman daun saga untuk menyembuhkan berbagai penyakit

Menyembuhkan sariawan

foto by : kampoengilmu.com

Mungkin hampir semua orang pernah mengalami sariawan ya. Sariawan bisa saja terjadi karena kamu tidak sengaja menggigit lidah, bibir ketika makan atau terlalu banyak mengonsumsi makanan panas dan berlemak, yang menyebabkan mulut kamu mudah terluka.

Sariawan memang bukan termasuk penyakit yang berbahaya, tetapi kehadirannya sangat mengganggu dan mengurangi kenikmatan makan.

Sariawan (stomatitis) adalah peradangan pada selaput mulut bagian dalam yang menyebabkan bercak atau luka yang sakitnya luar biasa perih. Daun saga banyak mengandung vitamin c dan memiliki zat antibakteria yang dipercaya dapat menyembuhkan sariawan.

Untuk menggunakan daun saga sebagai obat sariawan caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa helai daun saga, lalu dicuci hingga bersih. Kemudian kamu bisa langsung mengunyahnya tanpa harus ditelan. Tidak usah khawatir daun saga ini memiliki rasa yang manis.

Mengobati Panas Dalam

Panas dalam sering ditandai dengan munculnya sariawan, sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah badan lemas dan susah buang air besar. Panas dalam biasanya terjadi karena ada gangguan pada sistem pencernaanmu.

Panas dalam dapat disebabkan karena tubuh yang kekurangan vitamin C, banyak mengonsumsi makanan kurang serat seperti gorengan dan makanan berlemak, dan pikiran yang stres.

Untuk mengobati panas dalam dengan menggunakan daun saga, kamu cukup mengambil 10-15 tangkai daun saga, cuci hingga bersih. Lalu rebus dengan 2 gelas air tunggu hingga mendidih.

Jika sudah matang dan layu kamu bisa menyaring airnya dan minum satu kali sehari untuk mengurangi panas dalam. Daun saga ini memiliki banyak kamdungan vitamin A, vitamin B1 dan B6, Vitamin C, Flavonoid dan kandungan baik lainnya untuk kesehatan tubuh.

Mengobati Batuk Kering

foto by : hallosehat.com

Batuk kering atau batuk tidak berdahak dapat menjadi penyakit yang cukup mengganggu aktivitasmu. Batuk kering atau tidak berdahak memang bukan penyakit yang serius tetapi jika dibiarkan hingga berminggu minggu tidak kunjung sembuh, bisa membahayakan juga.

Sebelum kamu pergi ke dokter atau minum obat batuk yang dijual dipasaran, tidak ada salahnya kamu mencoba mengobati batuk dengan bahan alami ini si daun saga, yang tidak memiliki efek samping dan tidak menimbulkan kantuk.

Untuk menggunakan si hijau saga ini menjadi obat batuk. caranya cukup mudah, pertama kamu ambil beberapa tangkai daun saga dan daun asam tambahkan sedikit kayu manis, kemudian cuci bersih dan rebus bersama 2 gelas air. Selanjutnya kamu bisa meminum air rebusan daun saga tadi,untuk meringankan batukmu. Minum secara rutin dua kali sehari 1/2 gelas.

Itulah beberapa khasiat dari si hijau daun saga yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa menanam sendiri tanaman ini di pekarangan rumah, daun saga akan dengan sangat mudah tumbuh karena daun saga ini tidak dijual dipasaran ya.

Sebelum kamu mencoba meredakan penyakit diatas dengan obat kimia, tidak ada salahnya kamu mencoba dulu dengan resep obat alami si daun saga ini. Selamat mencoba ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *