Manfaatkan Eyeshadow Kamu untuk Lipstik!

Kita

Manfaatkan Eyeshadow Kamu Untuk Lipstik

Saat membeli eyeshadow dalam palet, biasanya tidak semua warna kita gunakan. Seringkali Orang Indonesia hanya mengaplikasikan warna-warna tanah, atau malah hijau dan biru lembut, sesuai dengan mayoritas warna kulit kita: kuning langsat dan sawo matang. Sisanya hanya digunakan pada saat acara pesta, atau malah dibiarkan saja. Seperti warna merah, pink, atau ungu misalnya.

Nah! Daripada tidak digunakan, lebih baik transformasi saja eyeshadow kita ke dalam bentuk lain, yaitu lipstik. Yap, lipstik. Mungkin hal ini agak mengherankan, tetapi eyeshadow bisa membentuk lipstik dengan pigmen warna yang bold dan tegas lho! Tidak percaya? Yuk ikuti saja langkahnya di sini!

Bahan-bahan

Eyeshadow, warna sesuai selera (pastikan belum masuk masa kadaluarsa, ya!)

Vaseline Petroleum Jelly/Egyptian Magic Cream/Petroleum Jelly lainnya (bila ingin tekstur yang sangat encer, kalian bisa menggunakan minyak zaitun/Bio-Oil)

– Tempat krim kosong (bisa dibeli di department store) menggunakan tempat krim bekas yang sudah dicuci)

– Kertas/alas lain

Cutter/pisau mini

– Lidi, dicuci bersih

Kalau semua bahan sudah siap, sekarang saatnya kita meramu lipstik ya! Berikut ini adalah caranya:

1. Kerok Eyeshadow hingga menjadi bubuk

Manfaatkan Eyeshadow Kamu Untuk Lipstik

Keluarkan eyeshadow dari tempatnya dengan menggunakan cutter atau pisau mini. Kerok hingga menjadi bubuk. Bila cutter dirasa terlalu besar, bisa juga menggunakan gunting kecil dari alat manicure dan pedicure. Hati-hati saat mengeluarkannya ya! Agar eyeshadow tidak berhamburan ke mana-mana, dan bercampur dengan pigmen warna eyeshadow lain yang ada di dalam palet. Oh ya, saat melakukan aktivitas ini, jangan lupa alasi dengan kertas koran, atau alas lainnya supaya lantai dan meja tidak kotor.

Baca Juga :  Semakin Bergaya dengan Ombre Lips

2. Campur bahan-bahan

Masukkan eyeshadow yang telah dikerok ke dalam tempat krim atau tempat lain. Campurkan petroleum jelly atau minyak, tergantung kalian ingin lipstik yang encer ataukah yang agak padat. Aduk kedua bahan dengan lidi yang telah dicuci bersih, atau bisa juga menggunakan tusuk gigi. Aduk hingga semua bahan bahan tercampur sempurna.

Jangan lupa ya, perbandingan eyeshadow dan petroleum jelly/minyak harus sama! Supaya pigmen warna tidak terlalu pekat, tapi juga masih cukup jelas sehingga tidak membuat campuran menjadi serupa dengan lipgloss.

3. Rapikan campuran

Manfaatkan Eyeshadow Kamu Untuk Lipstik

Setelah semua bahan tercampur dengan rata dan membentuk tekstur lipstik, rapikan bahan di dalam tempat yang telah disediakan. Nah, kalau kalian ingin membuat lebih dari satu warna lipstik, kalian juga bisa menggunakan bekas palet lho, baik palet eyeshadow maupun palet lipstik. Jangan lupa untuk mencuci palet terlebih dahulu ya! Agar tidak merusak warna lipstik. Hal ini juga berlaku hanya apabila kalian menggunakan petroleum jelly dan bukannya minyak. Karena campuran eyeshadow dan minyak akan menghasilkan lipstik cair yang tidak akan membeku.

4. Diamkan di suhu ruang

Bila kalian menggunakan petroleum jelly, maka diamkan ramuan lipstik selama kurang lebih satu jam dalam suhu ruang. Setelah itu, lipstik pun siap untuk digunakan. Oh ya, kalian juga bisa mencampur warna-warni lipstik dari eyeshadow ini untuk mendapatkan warna yang baru, lho!

Perlu diingat bahwa lipstik yang dibuat dari eyeshadow ini bukanlah lipstik matte, tetapi lipstik biasa yang berminyak. Untuk pembuatan lipstik matte atau lipstik yang langsung mengering di bibir, perlu proses yang lebih panjang dan lama. Anyway, selamat mencoba!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags